Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ambles di Banjar Diganti Jembatan Sementara

Kompas.com - 10/10/2016, 12:04 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan Kementerian PUPR akan memasang jembatan sementara hari ini, Senin (10/10/2016), pasca-ambruknya jembatan yang memutus jalan nasional Banjar-Jawa Tengah.

Kepastian itu didapatkan Iwa dari Kepala Balai Pengelolaan Jalan Nasional Wilayah IV terkait rencana pemasangan bailey atau jembatan sementara di jalan nasional Jalan Brigjen M Isha, Kota Banjar.

“Hari ini direncanakan jembatan sementara akan dipasang di lokasi jembatan yang terputus,” ujar Iwa saat dihubungi, Senin.

Dari hasil laporan, sambung Iwa, jembatan yang masuk kewenangan nasional tersebut akan didatangkan dari Balai di Cikampek dan tengah dalam perjalanan ke Banjar. Iwa berharap bahwa pemasangan tidak bisa dilakukan hari ini, maka paling lambat besok (11/10/2016) sudah terpasang.

“Agar arus lalu lintas segera pulih,” tuturnya.

Rencananya, bailey yang akan didatangkan Balai untuk mengendalikan dua arus kendaraan, baik dari Jawa Tengah ke Banjar, serta Banjar ke Jawa Tengah dan Pangandaran. Dari laporan juga dipastikan pihak balai sudah melakukan koordinasi dengan Polda Jabar.

“Untuk Pangandaran sudah ada solusinya dimana arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif,” katanya.

Putusnya jalan nasional ini terjadi akibat banjir yang melanda kawasan Pangandaran dan Banjar sejak akhir pekan hingga Minggu (9/10/2016) petang. Banjir juga membuat akses ke Pangandaran terputus tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Sejumlah rumah juga dilaporkan ambruk dan beberapa ruas tertutup longsor.

(Baca juga: Jembatan di Banjar Amblas, Jalur Utama Selatan Jabar-Jateng Putus Total)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com