Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Asing Ditemukan di Probolinggo, Diduga Puing Roket Falcon 9

Kompas.com - 09/10/2016, 08:09 WIB

PROBOLINGGO - Warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumber Asih, Probolinggo, Jawa Timur dikejutkan dengan temuan benda asing warna hitam, Jumat (7/10/2016) petang atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Benda tersebut diduga pecahan benda antariksa atau serpihan roket Falcon 9 buatan Amerika Serikat seperti yang pernah ditemukan di Sumenep beberapa waktu lalu.

Baca: Puing Falcon 9 di Sumenep adalah Sampah Antariksa Terbesar yang Jatuh di Indonesia 

Informasi yang dihimpun, benda ini pertama kali ditemukan oleh Buardi (35) dan Enji (30) saat berangkat berlayar mencari ikan.

"Dari kejauhan itu terlihat bendanya mengapung. Begitu saya dekati ternyata bendanya keras sekali," kata Buardi.

Dia mengatakan, karena tidak pernah melihat benda itu sebelumnya, sempat takut mendekat. Namun, ia khawatir benda itu dibiarkan mengambang di perairan, akan membahayakan aktivitas nelayan.

"Saya takut benda ini justru membuat aktivitas nelayan terganggu, apalagi jika benda ini bisa membuat kapal nelayan bocor atau bahkan rusak karena terkena dampaknya. Makanya saya dan temannya saya sepakat membawanya ke bibir pantai," ucapnya.

Sumari (50), salah satu tokoh masyarakat, mengatakan, setelah dilihat benda ini memang mirip dengan temuan yang ada di Sumenep beberapa waktu lalu yakni serpihan roket Falcon 9 dengan nomor seri 41730.

"Saya langsung lapor ke polisi, karena takut benda ini masih aktif. Sekarang, polisi sudah memasang garis polisi di lokasi temuan," katanya.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Hando Wibowo saat dikonfirmasi mengatakan, memang benar ada temuan benda yang diduga serpihan benda antariksa.

"Kami sudah koordinasi dengan LAPAN. Paling lambat minggu, LAPAN akan ke lokasi penemuan dan mengevakuasinya. Sementara, kami masih memantau dan mengawasi perkembangannya," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (8/10/2015).

Dia menyebutkan, benda tersebut memiliki ciri - ciri bewarna hitam, panjang kurang lebih 1 meter, terbungkus plastik dan memiliki diameter sekitar 30 cm.

"Kami belum bisa memastikan apa benda ini masih ada radiasinya atau tidak. Saat ini, kami sudah himbau warga untuk tidak mendekat ke benda itu," ujarnya. (Surya Malang/Galih Lintartika)

Berita ini sudah tayang di Surya Malang dengan judul Mengejutkan, Benda Misterius Jatuh di Perairan Pulau Gili Ketapang

Kompas TV Benda Jatuh di Sumenep Bagian Roket Falcon 9?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com