Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Selama "Sail" Selat Karimata

Kompas.com - 08/10/2016, 06:26 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - PT Pertamina memastikan stok bahan bakar (BBM) akan selalu tersedia selama perhelatan Sail Selat Karimata (SSK). Pertamina mengerahkan seluruh kekuatan penuh untuk distribusi baik BBM maupun LPG.

Area Manager Communication & Relations Kalimantan, Dian Hapsari mengatakan, berbagai strategi dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM dan LPG di wilayah Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kayong Utara dan sekitarnya selama kegiatan Sail Selat Karimata (SSK) berlangsung.

"Stok BBM dan BBK saat ini di Jobber Ketapang berada pada level 1.420 KL untuk pertalite, 1.585 KL untuk premium, dan 1.354 KL untuk solar serta akan terus dalam level penuh baik H-7 hingga H+7 kegiatan berlangsung," kata Dian, Jumat (7/10/2016).

Keberadaan stok tersebut juga akan ditingkatkan hingga ke level maksimal. 

"Pergerakan kapal-kapal distribusi juga kami monitor secara ketat, diperkirakan akan ada lonjakan kebutuhan BBM dan LPG sekitar 10 hingga 15 persen," papar Dian.

Dia menambahkan, tidak hanya di tingkat supply point, Pertamina juga melakukan inspeksi ke sejumlah SPBU, APMS, SPDN, SPBE, agen dan pangkalan LPG di Ketapang dan Kayong Utara sejak Kamis 6 Oktober 2016.

Hal itu dilakukan guna memastikan pendistribusian hingga ke tingkat jaringan lembaga penyalur tidak mengalami kendala. Beberapa kebijakan juga akan ditempuh guna mendukung acara SSK, diantaranya melakukan penyaluran pada hari Sabtu dan Minggu dari Jobber Ketapang ke seluruh lembaga penyalur SPBU, APMS, dan SPDN.

"Dengan bertambahnya penerbangan menuju dan dari Ketapang, stok avtur DPPU Supadio juga telah dipastikan dalam keadaan siaga penuh. Khusus LPG, seluruh pangkalan yang berjumlah 215 pangkalan dan Kayong Utara sebanyak 44 pangkalan telah dipastikan siap mendukung kebutuhan LPG masyarakat wilayah sekitar," kata dia.

Throughput untuk Ketapang dibanding bulan sebelumnya telah ditingkatkan sebesar 2,2 MT/hari sedangkan Kayong Utara sebesar 1,03 MT/hari bahkan seluruh pangkalan dekat lokasi acara Pantai Pulau Datok sudah disiapkan safety stok 800 tabung per pangkalan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat atau yang sedang berlibur di kawasan tersebut untuk mengisi penuh BBM di Kota Ketapang, meskipun kami juga menyiapkan seluruh titik lembaga penyalur (SPBU/APMS) sejak tiba di Kota Ketapang hingga perjalanan berakhir Kayong Utara," imbaunya.

Acara puncak Sail Selat Karimata akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com