Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lorong Pintar Pemilu" Jadi Wahana Edukasi Politik Warga

Kompas.com - 07/10/2016, 16:59 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang meresmikan Lorong Pintar Pemilu di kantor KPU setempat. Lorong Pintar merupakan tempat yang berisi berbagai macam pengetahuan tentang pemilihan umum di Kabupaten Magelang khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin memaparkan bahwa Lorong Pintar Pemilu bertujuan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya pemilu dan nilai-nilai berdemokrasi di Indonesia.

Dalam lorong pintar pemilu ini terdapat terdiri dari beberapa bagian. Bagian depan berisi maket pemungutan suara, peta daerah pemilihan (dapil), maskot pemilu 2014 ‘Sipora’ dan media center.

"Kami juga menyediakan sebuah tempat untuk foto selfi bersama Sipora,” ucap Afiffudin, Jumat (7/10/2016).

Bagian berikutnya adalah sebuah lorong yang berisi foto-foto dan dokumen pemilu di Kabupaten Magelang baik pemilu Presiden, Gubernur dan Bupati.

KPU Jawa Tengah telah mengembangkan rumah pintar di beberapa kabupaten dan kota. Rumah pintar dibangun sebagai wahana pendidikan politik kepada masyarakat tentang pemilihan umum (pemilu).

Joko Purnomo, Ketua KPU Jawa Tengah, menjelaskan, ide dasar rumah pintar ini untuk menyiapkan tempat di KPU yang berfungsi sebagai pusat informasi, pusat belajar dan pusat melakukan simulasi pemilu.

"Tujuan kami untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama pemilih pemula, tentang pemilihan umum," kata Joko di sela peresmian Lorong Pintar KPU Kabupaten Magelang.

Menurut Joko, ada beberapa daerah di Jawa Tengah yang menjadi daerah percontohan rumah pintar, di antaranya Kabupaten Pemalang. Namun demikian KPU di setiap Kabupaten dan Kota dipersilakan untuk membuat rumah pintar dengan anggaran masing-masing.

"Seperti Lorong Pintar KPU Kabupaten Magelang ini. Semoga ke depan dapat ditingkatkan lagi, tidak hanya lorong tapi menjadi rumah pintar pemilu," papar Joko.

Pihaknya berharap, informasi terkait pemilu dan penerapan nilai-nilai demokrasi di Indonesia dapat diakses lebih banyak lagi oleh masyarakat.

Lorong Pintar KPU Kabupaten Magelang diresmikan langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto. Pada kesempatan itu, Zaenal mengapresiasi keberadaan Lorong Pintar itu.

“Ini bagus sebagai wahana edukasi politik bagi masyarakat khususnya generasi muda dan terutama para pemilih pemula. Semoga saja kedepan, dapat digunakan sebagaimana mestinya terutama untuk meningkatkan kualitas dan kwantitas pemilu kedepan,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com