Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat SD, Satu SMP, dan Puskesmas Terdampak Proyek Jalan Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 05/10/2016, 14:08 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sekitar empat sekolah dasar (SD) dan 1 SMP yang ada di Kabupaten Kendal Jawa Tengah terdampak proyek jalan tol Semarang–Batang.

Empat SD dan 1 SMP itu adalah SD Protomulyo 2 Kaliwungu Selatan, SD Sumber Agung 1 dan 2 Weleri, SD Sumber sari Ngampel, serta SMP 2 Pegandon.

Menurut Kasubag Aset Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kendal, Nung Tubeno, mengatakan, lahan yang digunakan untuk bangunan 4 SD dan 1 SMP tersebut, adalah milik desa.

Namun demikian, pihaknya berencana melakukan pengecekan lahan tersebut, Senin (10/10/2016).

“Selain sekolah itu, ada sekitar 89 bidang tanah milik desa dan Puskesmas Ringinarum, yang juga terkena poyek pembangunan jalan tol Semarang–Batang,“ kata Nung Tubeno, Rabu (5/10/2016).

Terkait hal itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kendal, Herry Fathurohman, membenarkan bahwa ada sekolah, puskesmas, dan tanah milik desa yang terkena proyek jalan tol. Hingga kini, lanjut dia, BPN masih melakukan koordinasi terkait hal itu.

“Kami masih rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik itu dengan kepala desa, camat, maupun Badan Pemerintahan Masyarakat Desa (Bapermades) Kendal,” tambahnya.

Herry menjelaskan di Kabupaten Kendal, lahan yang terkena jalan tol Semarang-Batang ada sekitar 2.446.131 meter persegi. Lahan itu melintas di 27 desa yang ada di 8 Kecamatan.

Hingga kini, yang sudah dibebaskan baru sekitar 10 persen. Padahal, hingga akhir tahun ini pembebasan tanah tersebut harus sudah selesai semua.

“Banyak masyarakat yang tanahnya terkena proyek jalan tol, belum mengumpulkan berkasnya. Untuk itu, saya akan melakukan komunikasi dan koordinasi,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com