Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Santri Harus Mampu Kuasai Bahasa Asing

Kompas.com - 05/10/2016, 08:47 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Para santri dan pelajar diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berbahasa asing sebagai bekal yang bermanfaat bagi masa depan.

"Terutama sekali bahasa Inggris dan bahasa Arab yang sudah menjadi bahasa global, kalau perlu tambah satu lagi, bahasa Mandarin," ucap Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, saat membuka lomba uji kompetensi bahasa Inggris dan Bahasa Arab di Gedung Olah Seni Takengon, Selasa (4/10/2016).

Menurut pria yang kerap disapa Pak Nas itu, khusus bagi santri punya banyak waktu untuk mengembangkan bakat bahasa yang akan sangat berguna ketika nanti hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

"Saat ini banyak lembaga donor yang menyediakan beasiswa ke luar negeri. Ini kesempatan yang sangat baik dan harus dimanfaatkan. Salah satu syaratnya adalah lancar berbahasa Inggris atau bahasa Arab bila ingin melanjutkan pendidikan ke timur tengah," ujarnya.

Dia mengatakan, kemampuan berbahasa asing juga akan sangat membantu ketika memasuki dunia kerja, apakah sebagai pengajar bahasa maupun pendukung pekerjaan lainnya.

"Orang yang bisa berbahasa asing, seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab akan memiliki nilai lebih ketika bekerja, karena itu bagi santri atau pelajar harus mencermati ini sejak dini," sbut Nasaruddin.

Pembukaan lomba uji kompetensi ini turut dihadiri Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan, Kepala Kantor Pendidikan dan Pembinaan Dayah Aceh Tengah, M Aris, serta sejumlah pimpinan dayah setempat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com