Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Juarai Kompetisi Robot ASEAN

Kompas.com - 05/10/2016, 07:28 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjuarai kompetisi robotika bergerak dalam "World Skills ASEAN" di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-26 September 2016.

"Kami bersyukur dapat meraih emas dalam World Skills ASEAN 2016 dan kami ingin menembus kejuaraan khusus mahasiswa kejuruan itu untuk tingkat dunia tahun depan," kata Andy Yuniawan di Surabaya, Selasa (4/10/2016).

Didampingi rekannya Eko Mustofa, mahasiswa semester 3 Jurusan Mekatronika PENS itu mengakui bangga dan senang mendapat emas dalam kompetisi robotik untuk industri yang baru pertama kali diikutinya itu.

"Sebelumnya, kami tidak pernah ikut kompetisi robot, karena itu kami bangga dan bersyukur karena baru pertama ikut langsung mendapat emas. Untuk itu, pengalaman di tingkat ASEAN akan menjadi evaluasi untuk maju ke tingkat dunia," katanya.

Sementara itu, Wakil Direktur III PENS (Bidang Kemahasiswaan) Dr Ing Indra Adji Sulistijono mengatakan, mahasiswanya yang meraih emas dalam kompetisi itu karena mendapatkan poin tertinggi dalam lomba selama tiga hari yang setiap harinya ada tiga permainan.

"World Skills ASEAN 2016 itu melombakan 25 jenis lomba dan Indonesia mengikuti 22 jenis lomba. Untuk kategori robotika bergerak,robotnya bergerak dengan diperintah untuk menyelesaikan persoalan yang mirip dengan persoalan dunia," katanya.

Persoalan yang dilombakan dalam kompetisi tingkat ASEAN itu antara mengambil, meletakkan, dan memasang ke tempat lain dengan kecepatan yang terukur dan tingkat presisi yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com