Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Tahun Baru Islam, Nelayan Pinrang Pawai dengan 40 Perahu Hias

Kompas.com - 03/10/2016, 13:37 WIB
Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Nelayan asal Desa Ujung Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, merayakan 1 Muharam atau tahun baru Islam.

Sebanyak 40 kapal dan perahu hias mengikuti pawai di perairan Pinrang hingga ke perairan Parepare Sulawesi Selatan, Senin (3/10/2016).

Perahu-perahu itu tampak disesaki ratusan warga, pemuda, tokoh masyarakat, termasuk ibu-ibu dan anak-anak. Tradisi ini juga dirangkaikan dengan upacara syukuran atau tolak bala sambil membawa sesajen ke tengah laut.

Pawai tersebut dimulai dari dermaga Suppa hingga ke perairan Parepare sebelum kembali ke tempat semula. Pawai yang dilaksanakan setiap tahun itu tidak hanya diikuti oleh para nelayan, tetapi juga diikuti para pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta keluarga mereka.

Dalam ritual itu, warga juga membawa sesajen dan berbagai jenis makanan untuk disantap bersama setelah salah satu tokoh agama membacakan doa keselamatan untuk warga di atas kapal perahu tersebut.

“Ini tradisi tahunan menyambut tahun baru Islam atau Muharam dengan cara menggelar pawai di laut sambil pesta makan bersama warga,” ujar Amin, salah satu nelayan peserta pawai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com