Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Merbabu yang Hilang Ditemukan Selamat

Kompas.com - 26/09/2016, 10:59 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang pendaki Gunung Merbabu yang sempat dinyatakan hilang, Sabtu (24/9/2016), ditemukan dalam keadaan selamat.

Pendaki bernama Nugroho (19) adalah warga Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, mengatakan, Nugroho dinyatakan hilang setelah terpisah dari rekan-rekannya sesama pendaki yakni Sofyan (18), Dian (18), dan Kowi (18) saat menuruni puncak gunung Merbabu pada Sabtu sore.

"Nugroho ditemukan oleh tim SAR gabungan di jurang Dokguo Merbabu dalam keadaan sehat, Minggu (25/9/2016) petang," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (26/9/2016).

Agus menjelaskan, kronologi bermula saat keempat remaja tersebut mulai melakukan pendakian pada Jumat (23/9/2016) malam melalui jalur New Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Mereka sempat bermalam di Pos 3 wilayah Batu Tulis, Boyolali, sebelum kemudian melanjutkan kembali pendakian pada Sabtu pagi. Namun hanya Sofyan dan Kowi yang mencapai puncak, sedangkan Nugroho dan Dian menunggu di Sabana 2.

"Pada pukul 4 sore rombongan tersebut memutuskan untuk turun dengan terbagi 2 tim dengan jarak 500 meteran, yakni Dian Hidayat bersama Sofyan, sedangkan Nugroho bersama Kowi," ujar Agus.

Saat mereka turun, lanjut Agus, hujan lebat mengguyur gunung Merbabu. Tanpa disadari, saat mencapai pos 2 ternyata Nugroho telah terpisah dari Kowi. Mereka bertiga kemudian melanjutkan kembali perjalanan mereka ke basecamp dan memutuskan untuk mencari Nugroho keesokan harinya.

Pada Minggu jam 06.30 WIB, survivor Dian melakukan pencarian sendiri sampai pos 1. Karena kabut tebal dan tidak membawa perbekalan logistik, Dian akhirnya memutuskan turun ke basecamp.

Pada pukul 15.00 WIB, Dian kembali melakukan pencarian, kali ini bersama warga dan tim SAR Barameru, sedangkan dua lainnya tetap tinggal di basecamp Akhirnya setelah melakukan pencarian, survivor ditemukan di jurang dokguo dekat dengan Pos 3 sekitar pukul 18.00/WIB. Setelah ditemukan survivor kemudian dievakuasi melalui jalur Gancik Magelang.

"Nugroho dalam keadaan sehat dan setelah tiba di Gancik, Senin sekitar pukul 02.00 WIB, ia langsung kembali ke rumahnya" ungkap Agus.

(Baca juga: Empat Mahasiswa Dilaporkan Hilang Saat Mendaki Gunung Merbabu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com