Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Kirim Satu Truk Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Garut

Kompas.com - 22/09/2016, 14:24 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberangkatkan satu truk bantuan sosial untuk korban banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016).

Selain mengirim bantuan barang keperluan, juga dikirim belasan bantuan tenaga untuk ke lokasi bencana. Selain uang tunai, barang-barang keperluan yang dikirim antara lain berupa selimut, pakaian layak pakai, jas hujan, makanan hingga seragam sekolah anak-anak.

"Memang tidak banyak, tapi kami harap bisa meringankan beban korban bencana di Garut," kata Risma.

Kepala Bakesbangpol dan Linmas Kota Surabaya, Sumarno, mengatakan, selain barang keperluan korban bencana, juga dikirim 18 tenaga gabungan dari Linmas dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya.

"Tergantung kondisi dan kebutuhan, kalau perlu kita akan kirim bantuan tenaga secara bergiliran ke lokasi bencana," ucapnya.

Meski bantuan sudah diberangkatkan, namun pihaknya tetap membuka posko bantuan kemanusiaan di halaman balai kota Surabaya, untuk menampung bantuan sosial dari warga Surabaya dan pegawai Pemkot Surabaya.

Karena bencana tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, hingga pukul 16.30 WIB, Rabu (21/9/2016), tercatat 20 orang meninggal dunia dan 14 orang lainnya dinyatakan hilang. Banjir bandang dan longsor itu dipicu hujan deras sejak dua hari lalu. Curah hujan tinggi menyebabkan debit air sungai Cimanuk dan Cikamuri naik cepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com