Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garut dan Sumedang Diminta Segera Urus Dana Bencana

Kompas.com - 21/09/2016, 17:28 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa meminta Kabupaten Garut dan Sumedang segera mengurus pencairan dana tanggap bencana ke Pemprov Jabar.

Iwa memastikan pencairan dana akan cepat jika pemda sudah menetapkan status tanggap darurat terutama musibah banjir bandang di Garut.

"Bupati dan Sekda Garut diminta untuk segera mencairkan dana bencana untuk disetujui Gubernur cq Biro Keuangan Setda," ujar Iwa saat dihubungi, Rabu (21/9/2016).

Iwa menjelaskan, berdasarkan laporan Biro Keuangan, dana tanggap darurat yang ada di kas Pemprov Jabar mencapai Rp 10 miliar. Namun jika kebutuhan lebih besar pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Biro Keuangan untuk melihat posisi kas.

"Jadi kita tinggal menunggu berapa yang dibutuhkan Garut dan Sumedang," ujarnya.

Iwa memastikan, penetapan status tanggap bencana penting karena menjadi syarat pencairan. Menurut dia, agar makin cepat, proses pengiriman surat pengajuan pencairan diantar langsung oleh kurir, tidak melalui pos.

"Kami harap ini agar cepat dicairkan jadi diantar langsung saja ke Biro Keuangan," ungkapnya.

Pihaknya sendiri belum merinci berapa dana darurat yang saat ini sudah diluncurkan langsung ke Garut dan Sumedang. Menurut dia, bantuan seperti makanan instan, perlengkapan bayi, selimut dan lain-lain sudah pasti disalurkan BPBD dan Dinas Sosial.

"Dinas Bina Marga juga menurunkan alat-alat beratnya untuk membantu proses evakuasi, sementara mitigasi juga terus dilakukan karena di Garut ada ribuan yang diungsikan ke Kodam," ungkapnya.

 

Kompas TV 16 Orang Tewas akibat Banjir Bandang Garut
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com