Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urus Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Berpaspor Filipina, Dua Tim Dikirimkan

Kompas.com - 21/09/2016, 12:48 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Imigrasi Indonesia mengirimkan dua tim untuk membantu kepulangan 700 jemaah haji Indonesia yang menggunakan paspor Filipina.

"Konsep kita membantu bahwa mereka kita anggap sebagai korban. Kita pulangnya mereka secepatnya. Tim kita ada dua tim di Manila (Filipina)," ucap Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie di sela pertemuan Dirjen Imigrasi se-ASEAN di Kuta, Badung, Bali, Rabu (21/9/2016).

Ronny mengatakan, sejumlah jemaah haji asal Indonesia yang berangkat dari Filipina juga kembali melalui Filipina.

"Ada beberapa yang kembali melalui jalur Filipina sesuai keberangkatan mereka yang menggunakan paspor negara Filipina, mereka kembali dari Haji menggunakan jalur Filipina untuk memudahkan sesuai keberangkatan mereka," kata Ronny.

Menurut dia, pihaknya telah menyediakan data yang telah diverifikasi mengenai jemaah haji yang menggunakan paspor Indonesia. Asumsinya, mereka menggunakan paspor Indonesia untuk keluar Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, ada sekitar 177 jemaah haji yang berangkat dengan menggunakan paspor Filipina. Hingga kini, Pemerintah Indonesia telah mendeteksi sekitar 700 jemaah haji berpaspor Filipina yang sedang ditangani permasalahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com