Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusung PDI-P, Dicky Candra Maju di Pilkada Tasikmalaya

Kompas.com - 20/09/2016, 14:44 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Artis senior Dicky Candra dipastikan maju di Pilkada Kota Tasikmalaya akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Rencananya, partai akan mendaftarkan seluruh pasangan calonnya bersamaan di seluruh kota, kabupaten, provinsi peserta Pilkada Serentak tahap II pada Rabu (21/9/2016) besok pukul 13.00 WIB.

"Kami tingkatan DPC sudah fixed berkoalisi dengan Partai Bulan Bintang (PBB). Partai itu sudah memiliki calon (Dicky Candra). Jadi pasangan calon dari PBB akan dipasangkan dengan calon dari PDI-P Denny Romdhoni. Sekarang sedang digodok di tingkat DPP setelah diajukan sebelumnya. Kami masih menunggu hasil putusan resmi dari pusat," ungkap Sekretaris DPC PDI-P Kota Tasikmalaya, Kepler Sianturi, Selasa (20/9/2016).

Meski demikian, pengurus tingkat daerah secara resmi belum bisa menyebutkan pasangan calon yang akan diusung partainya di Pilkada Kota Tasikmalaya. Pasalnya, pengurus partai di daerah belum secara resmi mendapatkan surat keputusan dari pengurus DPP.

"Kalau secara nama kita belum bisa sebutkan menunggu keputusan DPP. Ya, para wartawan bisa menyimpulkan sendiri kira-kira siapa yang akan jadi pasangan calon dari PDIP untuk Pemilihan Wali Kota Tasikmalaya nanti," kata Kepler.

Hal sama diutarakan Ketua Bapilu DPC PDI-P Kota Tasikmalaya, Asep Kurnia. Menurut dia, sebelum pendaftaran pasangan calon dimulai tanggal 21 September hingga 23 September, pihaknya akan mengumumkan hasil putusan DPP untuk Pilkada Kota Tasikmalaya.

Setelah mendapatkan SK, pihaknya di daerah akan segera melaksanakan pendaftaran pasangan calon ke KPU secara serentak di 101 kota, kabupaten dan provinsi peserta Pilkada Serentak 2017.

"Jadi bisa saja putusan hasil dari DPP pada waktu akhir dan bisa juga akan langsung didaftarkan ke KPU. Tapi arahan di DPP sudah pasti kalau pendaftaran pasangan calon di daerah akan serentak besok pukul 13.00 siang," kata dia.

Hingga kini, ada tiga pasangan calon yang siap mendaftarkan diri maju di Pilkada Kota Tasikmalaya 15 Februari 2017 nanti. Pertama, pasangan petahana Budi Budiman-Muhammad Yusuf oleh Partai Golkar, PPP, PKB dan Partai Nasdem, kedua pasangan Dede Sudrajat-Asep Hidayat oleh Partai Gerindra, Demokrat dan PAN, dan terakhir pasangan Dicky Candra-Denny Romdhoni oleh PDI-P dan PBB.

(Baca juga: Dicky Candra Pastikan Diri Ikut Pilwali Tasikmalaya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com