Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu "Milky Way" di Kepulauan Pongok

Kompas.com - 17/09/2016, 12:56 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Eksplorasi dunia fotografi di Kepulauan Bangka Belitung tidak hanya soal gambar di permukaan bumi dan bawah laut. Tapi kini sudah merambah pada objek-objek menarik di luar angkasa.

Salah satu lokasi pengambilan gambar yang layak untuk dicoba berada di Kecamatan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

Untuk menjangkau Kecamatan Kepulauan Pongok dibutuhkan sedikit persiapan. Dari Kota Pangkalpinang ke Pelabuhan Sadai Bangka Selatan kita bisa menempuh perjalanan darat selama tiga jam.

Selanjutnya perjalanan menggunakan kapal kayu menuju Kepulauan Pongok dengan waktu tempuh lebih kurang empat jam. Ongkos untuk perjalanan laut ini Rp 50.000 per orang. Di sini, para fotografer bisa berburu pemandangan galaksi Bima Sakti atau yang kerap disebut milky way.

“Berburu milky way sangat cocok di sini. Langit malamnya tampak lebih terbuka menampilkan rasi bintang-bintang,” kata Yossi Nurmansyah, salah satu penggiat fotografi kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2016).

Berbekal kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan settingan ISO 3200, Yossi telah berulangkali mengunjungi Pongok. Hobi memotret milky way, kata Yossi, tak lepas dari saran teman-teman sesama pecinta fotografi.

“Lokasinya masih alami. Sayang belum banyak yang tahu. Di sinilah salah satu pilihan untuk astrofotografi,” ujar lajang asal Bangka Tengah itu.  

Hal senada disampaikan Roni, anggota komunitas Fotografer Bangka Belitung Island (FBI). Menurut Roni, Kepulauan Pongok memang cocok untuk mengamati dan memotret objek di langit. Hanya saja butuh kesabaran dan ketelitian dalam mengatur lensa kamera.

“Resolusi dan penggunaan lensa kamera harus pas,” ujar Roni.

Bakat dan keahlian seorang fotografer, kata Roni, sangat diuji dalam astrofotografi. Hamparan langit yang indah, bisa saja tidak akan tertangkap kamera, jika settingannya tidak akurat.

Di Kepulauan Pongok sendiri ada dua lokasi yang dinilai paling cocok untuk memotret. Yakni di kawasan Pantai Batu Tambun dan di lapangan panel tenaga surya.

Sambutan masyarakat yang cukup ramah akan membuat para pengunjung merasa betah. Dan jangan lupa untuk menyicipi aneka kuliner khas laut. Di Pongok telah tersedia cukup banyak home stay sebagai tempat menginap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com