Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Suvenir PON 2016 Capai Rp 2,1 Miliar

Kompas.com - 14/09/2016, 18:11 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Anggaran suvenir resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat mencapai Rp 2,1 miliar. Pembuatan pernak-pernik seputar ajang ini diklaim melibatkan banyak pelaku usaha kecil menengah.

Ketua Bidang Promosi, Dana, dan Usaha PB PON 2016 Hening Widiatmoko mengatakan, pihaknya memasarkan 12 jenis merchandise resmi PON seperti kaus, topi, dan boneka.

Cendera mata tersebut dikerjakan sekitar 30 perajin di bawah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jabar.

"Kami tidak tahu jumlahnya (seluruh pernak-pernik) berapa, namun yang pasti nilainya Rp 2,1 miliar," tutur Hening di Bandung, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia, merchandise ini akan disebarkan ke seluruh kabupaten/kota di Jabar khususnya yang menjadi tuan rumah pertandingan.

"Nanti akan ada pameran-pameran di pusat kota, venue, dan hotel tempat kontingen menginap," ungkapya.

Ketua Dekranasda Jabar Netty Prasetiyani Heryawan menyambut baik upaya ini. Dalam menggarap ini, pihaknya memastikan keterlibatan pelaku UMKM asal Jabar.

Bahkan, UMKM tersebut merupakan pelaku usaha yang sangat memerlukan perhatian pemerintah karena baru merintis. Hal ini pun dilakukan untuk pemerataan di setiap daerah.

"Demi azas pemerataan. (Suvenir) ini berasal dari seluruh kabupaten/kota, seperti dompet dari Bogor, boneka dari Bekasi. Tapi Dekranasda tidak terlibat dalam penetapan jumlah dan harga," tuturnya.

Netty menyebutkan, pameran tersebut akan digelar pada 16-25 September dan dibagi ke dalam dua tahap.

"Seperti di Gor Bima Cirebon, Gedung Sate, alun-alun di setiap daerah," ucapnya.

Selain itu, pameran ini akan dilakukan juga di sejumlah venue dan 10 hotel yang paling banyak dihuni kontingen. Seluruh hotel tersebut berada di kawasan Bandung Raya seperti hotel Ibis, Sutan Raja, Jayakarta, dan Aquilla.

Menurut Netty, pameran ini akan melibatkan sedikitnya 284 perajin dari setiap kabupaten/kota. Dia berharap, karya dari 1.136 pekerja itu bisa menyemarakkan denyut perekonomian Jabar.

Dalam kesempatan itu, diterbitkan pula 7.200 kartu uang elektronik yang berasal dari bank bjb serta lima bank nasional seperti Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Kartu uang elektronik tersebut akan diterbitkan dengan corak PON 2016 Jabar dan diberikan gratis kepada setiap kontingen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com