Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Semarang Luncurkan Program SMS Pengingat SIM Kedaluwarsa

Kompas.com - 13/09/2016, 17:01 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sebuah terobosan dilakukan oleh Satlantas Polres Semarang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pengurusan surat-surat dan dokumen kendaraan, yakni dengan meluncurkan "SMS Gateway 081542594600".

Salah satu fungsi dari SMS Gateway ini adalah mengingatkan kepada pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya akan berakhir. Sebab, banyak pemegang SIM lupa memperpanjang masa berlaku SIM miliknya lantaran disibukkan dengan rutinitas atau aktivitas kerja.

Melalui inovasi ini, para pemegang SIM akan mengetahui kapan lisensi berkendara yang dimilikinya harus diperpanjang lagi. Karena "operator" akan memberitahukan masa valid SIM yang bersangkutan.

"Minimal satu bulan sebelum berakhirnya masa berlaku SIM, SMS Gateway akan memberitahukan kepada pemegang untuk segera memperpanjangnya," kata Kapolres Semarang AKBP Thirdy Hadmiarso saat peluncuran "SMS Gateway", Selasa (13/9/2016).

Selain menyampaikan SMS tentang informasi masa berlaku SIM kepada pemegang SIM, "SMS Gateway" ini juga melayani pertanyaan seputar informasi tentang mekanisme SIM pada Satpas 1459 Polres Semarang.

"Juga sebagai sarana penyampaian kritik dan saran," lanjutnya.

Thirdy mengatakan, inovasi ini dilakukan dalam rangka optimalisasi peran Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) 1459 Polres Semarang. Khususnya guna menghadapi lomba dalam rangka menyambut HUT Satlantas.

Cara kerja "SMS Getway", jelasnya, operator akan membuka database pemohon SIM di Satpas 1459 untuk mengetahui pemegang SIM yang telah mendekati batas waktu masa berlaku. Dari database ini, operator mendapatkan nomor handphone (hp) pemegang SIM. Selanjutnya, operator akan mengirimkan pesan singkat kepada pemegang SIM yang bersangkutan dengan peringatan bertuliskan, “Ingat…ingat…sim Anda! Segera perpanjangan SIM anda".

"Minimal satu bulan sebelum masa berlaku SIM berakhir, pemegang SIM akan menerima SMS peringatan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, bersamaan dengan peluncuran "SMS Gateway" ini, Satpas 1459 Polres Semarang juga meluncurkan "Coaching Clinic" bagi para calon pemohon SIM, khususnya SIM C untuk pengendara roda dua. Program ini gratis dan terbuka bagi masyarakat umum, pelajar hingga komunitas yang ingin mendapatkan pelatihan sebelum mereka mengajukan permohonan SIM C.

"Banyak pemohon SIM C yang gagal pada saat ujian praktik," imbuh Kapolres.

Dalam kesempatan peluncuran "SMS Gateway" dan program "Coaching Clinic" ini, Kapolres bersama Kasatlantas Polres Semarang AKP Dwi Nugroho juga membagikan leaflet yang memuat informasi seputar program "SMS Gateway" kepada para pemohon SIM yang memenuhi ruang Satpas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com