Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Bupati Trenggalek Jamin Penerbangan Komersial dari Selatan Jawa Ramai Penumpang

Kompas.com - 11/09/2016, 05:57 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Delapan daerah di wilayah selatan Jawa Timur menjamin kontinuitas penerbangan komersial setiap hari ke Surabaya atau Jakarta jika sudah dibangun bandara di wilayah selatan Jawa Timur.

"Di selatan Jawa Timur ada banyak perusahaan besar yang mobilitas pegawainya cukup tinggi, belum lagi pejabat daerah dan pengusaha lokal yang juga memiliki mobilitas yang sama," kata Wakil Bupati Trenggalek Mohamad Arifin di Surabaya, Sabtu (10/9/2016).

Dia mengaku siap menagih komitmen delapan daerah pengusul bandara untuk menutupi biaya operasional maskapai di awal-awal beroperasinya bandara.

"Kita akan komitmen untuk patungan membiayai operasional pesawat," terangnya.

Belum lama ini, kata dia, tim dari Kemenhub sudah melakukan survei di perbatasan Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek untuk melakukan observasi wilayah yang rencana dibangun bandara. Salah satunya di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung. 

Inisiasi pendirian bandara disampaikan delapan kepala daerah, yaitu Bupati Madiun Muhtarom, Bupati Magetan Sumantri, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Bupati Pacitan Indartato, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, Bupati Blitar Rijanto, dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak.

Usulan itu disambut baik Presiden Jokowi dengan memerintahkan Kemenhub untuk membuka ruang udara di selatan Pulau Jawa untuk penerbangan komersial, selain penerbangan TNI.

Selama ini, ruang udara di selatan Jawa lebih banyak dimanfaatkan untuk latihan militer yang berpusat di Lanud Iswahyudi Madiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com