Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idul Adha, Saatnya Ganjar "Ngobrol" dengan Warga Miskin Pinggir Pantai

Kompas.com - 09/09/2016, 14:37 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan kembali melakukan melakukan safari Idul Adha. Kali ini, safari digelar di perkampungan miskin pinggir pantai di Dukuh Kusen, Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Di desa itu, Ganjar bakal melaksanakan shalat Id di Masjid Nursekha, Senin (12/9/2016). Sebelum shalat, Ganjar juga akan menginap di rumah penduduk pada malam hari menjelang hari raya.

“Besok saya ke sana (Pemalang). Lokasi memang saya minta Bapermades merinci desa miskin mana saja di sekitar pantura,” kata Ganjar, Jumat (9/9/2016).

Tahun 2015, Ganjar melaksanakan shalat Idul Adha di masjid kecil di desa terakhir di kaki Gunung Slamet, Purbalingga. Tempat terpencil ini dipilih karena tidak pernah sekali pun dikunjungi oleh para pejabat.

Pada tahun 2014, dia juga melakukan safari shalat di kawasan rob di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Setelah shalat, Ganjar juga akan memberikan hewan kurban secara simbolis kepada warga di sekitar Masjid Nurul Hikmah di Dusun Siceleng, Desa Temuireng, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

Menurut Ganjar, dengan menginap di rumah warga serta shalat di perkampungan yang jarang dikunjungi pejabat, dia bisa menyerap secara langsung persoalan yang ada di desa. Ia juga melihat perkembangan dana desa.

“Nanti kami berbincang dengan warga secara terbuka, tanpa perantara. Dengan cara itu biasanya warga bisa relatif jujur. Kami ingin bertemu, ngobrol dan mencari apa yang dibutuhkan,” kata dia.

Berbeda dengan Ganjar, wakilnya, Heru Sudjatmoko, akan melaksanakan shalat Id di Masjid Baiturrahman Semarang, sedangkan Sekretaris Daerah akan shalat di Masjid Agung Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com