Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Landa Gunung Kulu Aceh Besar, Arus Kendaraan Terhenti

Kompas.com - 09/09/2016, 13:18 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Bencana longsor kembali terjadi di kawasan pegunungan Kulu, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (9/9/2016) pagi. Kendaraan roda empat dari dan menuju arah barat Aceh tidak bisa melintas di rute lintas Banda Aceh-Meulaboh tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar Ridwan mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Batu dan tanah berjatuhan dari tebing gunung dan menutup jalan di bawahnya.

"Sebagian batu besar dan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini karena memang kebetulan terjadi pagi hari dan belum banyak warga yang melintas di kawasan ini," jelas Ridwan saat akan mendatangi lokasi kejadian.

BPBD sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Badan Penanggulangan Jalan dan Jembatan Nasional untuk segera mengerahkan alat berat di lokasi kejadian.

Pembersihan akan segera dilakukan karena jalur tersebut merupakan akses utama menuju kawasan barat selatan Aceh. Jalan itu diperkirakan akan dilewati banyak kendaraan pada masa libur Idul Adha.

Saat ini, para pengguna jalan sedikit demi sedikit mulai memindahkan timbunan tanah agar jalan bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Sementara untuk kendaraan roda empat dan yang berbadan besar belum bisa lewat. Jadi semua kendaraan berhenti di pinggir jalan menunggu pembersihan ruas yang longsor," jelas Ridwan.

Dua pekan terakhir cuaca ekstrem melanda Aceh dengan hujan intensitas sedang dan lebat. Tingginya intensitas hujan diperkirakan menjadi penyebab lonsornya tanah di kawasan Gunung Kulu.

Warga pengguna jalan juga diminta mewaspadai lokasi rawan longsor lainnya, yakni kawasan Gunung Paro dan Gunung Geurutee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com