Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sholeh Senang Sapi Peliharaannya Dibeli Presiden Jokowi

Kompas.com - 09/09/2016, 11:27 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha, para pedagang hewan kurban sudah membuka lapak di pinggir jalan, termasuk Muhammad Sholeh (51). Sholeh bangga lantaran sapi yang dipeliharanya dibeli oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Ini bukan pertama kali sapi saya dibeli oleh presiden karena sebelumnya, sapi peliharaan saya juga sempat dibeli oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) saat beliau masih menjabat sebagai presiden beberapa waktu lalu,” tutur Sholeh, Jumat (9/9/2016).

Dia mengaku, untuk sapi yang dipesan oleh Presiden Jokowi dalam perayaan Hari Raya Idul Adha nanti berjenis lokal Presi Benggolo berwarna putih dengan bobot mencapai 1,1 ton yang dipelihara Sholeh sejak empat tahun silam.

“Riwayat sapi ini, dulunya saya beli saat berumur sekitar 1 tahun dengan harga Rp15 juta, baru kemudian saya pelihara sendiri sampai sebesar ini. Sebelumnya, sapi ini telah saya ikutkan lomba tingkat nasional tiga kali dan selalu menang. Setelah itu, baru ada yang menawar. Dan saya tidak tahu sebelumnya, jika dia adalah ajudan Pak Jokowi,” ungkapnya.

Sholeh baru percaya bila yang menawar sapi peliharaannya adalah ajudan Presiden Jokowi, setelah yang bersangkutan menelpon langsung Presiden dan didengarkan sendiri oleh Sholeh. Setelah itu, barulah Sholeh percaya bila yang membeli sapi peliharaannya adalah presiden.

“Untuk sapi ini, saya hargai Rp 100 juta. Dibayar separuh dulu, baru setelah dicek ulang dan merasa pas langsung dilunasi,” ungkapnya.

Menurut rencana, sapi peliharaan warga Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur ini, bakal menjadi salah satu hewan kurban yang akan disembelih di Masjid Agung Al Akbar, Surabaya.

“Sementara ini, saya pelihara dulu dan baru akan dikirim ke Masjid Agung di Surabaya pada Minggu (11/9/2016) pagi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com