Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Warga Aceh Timur Demo PT Medco Tuntut Perekrutan Tenaga Kerja Lokal

Kompas.com - 08/09/2016, 05:58 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH TIMUR, KOMPAS.com - Puluhan warga dari lima kecamatan di Aceh Timur berunjuk rasa di lokasi perusahaan minyak bumi dan gas, PT Medco E & P Malaka, di Desa Blang Nisam, Aceh Timur, Rabu (7/9/2016) siang hingga sore.

Pendemo berasal dari Kecamatan Darul Fallah, Julok, Indra Makmur, Pante Bidari dan Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur.

Dalam orasinya, pendemo meminta agar perusahaan milik pengusaha Arifin Panigoro itu memperioritaskan tenaga kerja dari lima kecamatan tersebut.

Salah seorang orator, Aiyub menyebutkan, kehadiran perusahaan itu harus berdampak positif dengan menekan angka pengangguran di kabupaten tersebut.

“Apalagi baru-baru ini ada 27 tenaga kerja dari luar Aceh didatangkan bekerja di Medco Aceh Timur. Kami ingin, tenaga kerja lokal dipekerjakan,” terang Aiyub.

Untuk menenangkan pendemo, Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto turun ke lokasi. Lalu diminta perwakilan warga menyampaikan tuntutan dan negosiasi dengan Ali Hamzah, manajer operasional Blok A PT Medco E&P Malaka, didampingi Humas PT Medco, Ahyar.

Lalu, perusahaan berjanji akan memenuhi tuntutan warga dengan memperioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan keahliannya.

Selain itu, PT Medco juga akan memperhatikan bantuan sosial untuk masyarakat di lima kecamatan tersebut.

“Kami harap, kesepakatan ini berjalan antara warga dan PT Medco. Kami imbau warga mengedepankan ketertiban dan keamanan masyarakat. Begitu juga dengan PT Medco kita harap memenuhi kesepakatan yang telah ditandatangani,” harap Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com