Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takengon Tuan Rumah Kontes Kopi Terbaik Indonesia

Kompas.com - 07/09/2016, 22:23 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com -  Takengon, Aceh akan menjadi tuan rumah Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) pada 21-23 Oktober 2016 mendatang. Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Aceh, Ir Armia Zuhri mengatakan, kontes ini merupakan ajang untuk memilih kopi-kopi terbaik di Indonesia.

"Kopi-kopi tersebut akan dinilai dari aspek karakteristik citarasanya," ungkap Armia, Selasa (6/9/2016) di Takengon, Aceh Tengah, Aceh.

Ia menyebutkan, melalui KKSI ini diharapkan dapat mendongkrak kopi-kopi Indonesia yang dihasilkan oleh berbagai daerah ke posisi dan nilai tawar lebih baik.

Sebelum dikonteskan, sebut dia, panitia lomba KKSI menerima sampel kopi biji yang dikirim oleh produsen dan pelaku usaha kopi dari berbagai daerah atau sentra produksi kopi di Indonesia untuk diikutsertakan dalam lomba KKSI.

"Jadi seleksi awal sudah dilakukan, nanti yang diikutkan kontes hanya 15 kopi dengan dengan nilai score cupping terbaik kategori Robusta dan Arabika," kata Armia.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyatakan kesiapan daerahnya untuk menggelar kontes kopi nasional tersebut.

"Prinsipnya sangat mendukung dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan daerah Aceh Tengah yang memang merupakan penghasil kopi arabika terbesar di Indonesia," sebut Nasaruddin dalam siaran pers, Rabu (7/6/2016).

Dia mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan pelaksanaan kontes kopi tersebut dengan baik agar even tersebut berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com