Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Lokal Bandung Siap Bersaing di Festival Budaya Jepang dan Anime Terbesar Se-Asia

Kompas.com - 07/09/2016, 15:35 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Produk lokal Bandung Vheecious dan Chiaki akan ambil bagian dalam Anime Festival Asia (AFA) Indonesia. Festival budaya Jepang dan Anime terbesar se-Asia itu akan dilangsungkan di Jakarta International Expo Kemayoran (JIExpo) pada 16-18 September 2016 mendatang.

Pemilik Vheecious dan Chiaki, Novia Agatha mengatakan, pada event tahunan ini ia mengemban misi mengenalkan produk lokal Bandung yang dikemas dengan gaya Jepang.

"Vheecious mewadahi segmen premium dalam memenuhi gaya busana Japanese style, dengan menggunakan bahan baku impor namun sentuhan desainer lokal, Bandung,” ungkap Novia di Bandung, Rabu (7/9/2016).

Dia menjelaskan, ketatnya persyaratan yang diterapkan panitia, membuat produknya sempat kesulitan untuk menembus festival yang sudah lima kali digelar itu.

"Banyak persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah menjaga originalitas karya yang dibuat dan tidak melakukan plagiat terhadap karya orang lain," tuturnya.

Dalam festival nanti, dia pun akan memperkenalkan Chiaki, salah satu merek anyar yang mengusung tema Japanese style dengan memadukan bahan baku lokal yang dikemas dengan cita rasa Jepang.

"Dengan mengakomodir produk lokal yang digunakan, Chiaki diharapkan dapat mengangkat kualitas produk lokal untuk bersaing di dunia fashion internasional dalam ajang festival Anime terbesar se-Asia tersebut," ucapnya.

Selain kontes fesyen, AFAID juga akan menghadirkan kembali konser I Love Anisong (anime song). Pada tahun ini, Anisong akan dimeriahkan Alisa Takigawa, Aimer, Elisa, livetune+, Matsu x Kaya, Maya Uchida, Bless4, Lia, dan Nano. AFAID juga akan menyelenggarakan Cosplay Championship Battle, serta turut mendatangkan para Cosplayer papan atas seperti Baozi & Hana, Julia, Kaname, Reika, Siu Tao dan Ying Tze.

Direktur Pelaksana Festival dan Direktur Utama dan Pelopor pemilik SOZO, Shawn Chin, mengatakan, konser I Love Anisong adalah acara yang sangat penting dan memberikan pengalaman yang istimewa bagi para penggemar anime.

"Seperti halnya kami telah memindahkan ruang konser ke area yang lebih baik guna memastikan setiap penggemar dapat menonton konser yang lebih maksimal," ucap Shawn.

Dia menargetkan, 5.000 pengunjung pada Konser I Love Anisong tahun ini. Sementara itu, secara umum, festival AFA ID 2016 diharapkan bisa menyedot 60.000 pengunjung seperti tahun lalu.

"Target kami ingin memberikan pengalaman festival dengan kualitas terbaik dan berbeda bagi penggemar lama dan penggemar baru Anime Festival Asia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com