Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Bojonegoro: Saya Hanya "Ban Serep" di Pilgub DKI

Kompas.com - 03/09/2016, 19:46 WIB
Achmad Faizal

Penulis

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Nama Bupati Bojonegoro Suyoto tidak lagi disebut dalam bursa calon gubernur DKI Jakarta 2017. Kader Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku hanya menjadi figur cadangan.

Suyoto menyadari bahwa PAN bukan pemain inti dalam suksesi kepala daerah Ibu Kota. Partai ini hanya memiliki dua kursi di DPRD DKI, sementara syarat mengajukan calon kepala daerah minimal 20 kursi.

"Kalau dibilang PAN punya figur, memang punya, yakni saya. Tapi saya hanya 'ban serep', dipasang untuk kejadian luar biasa," kata Suyoto, Sabtu (3/8/2016), di Bojonegoro, Jawa Timur.

Sejak semula Kang Yoto, panggilannya, tidak berharap ada kejadian luar biasa hingga dirinya dipilih sebagai calon gubernur.

(Baca juga PAN Serius Usung Bupati Bojonegoro Suyoto dalam Pilkada DKI Jakarta)

Ia memilih fokus membangun daerahnya hingga akhir masa jabatan pada 2018. Saat ini, Bojonegoro dipilih sebagai daerah yang mewakili Indonesia dalam ajang percontohan pemerintahan terbuka atau Open Government Partnership 2016.

"Ada kontrak yang harus dikerjakan hingga 2018 dalam ajang tersebut," ujarnya.

Bagi dia, ada tiga hal yang harus dipersiapkan untuk maju di pemilihan kepala daerah. Selain ada partai dan potensi keterpilihan, ada pula pendanaan.

Kang Yoto mengaku bahwa pada awalnya ia memang ingin menjadi cagub DKI. Namun, melihat dinamika politik yang berkembang, ia urung melanjutkan rencana itu.

PAN yang tadinya menjagokan Suyoto kini mendorong Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk menjadi cagub melawan calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com