Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, Sulistina Sutomo Ingin Rumah Bung Tomo Diperbaiki

Kompas.com - 01/09/2016, 10:22 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebelum meninggal, istri Bung Tomo, Sulistina Sutomo, meninggalkan pesan agar Rumah Bung Tomo diperbaiki.

Putra Sulistina, Bambang Sulistomo, mengatakan, sebelum itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat berjanji akan mengembalikan rumah radio Bung Tomo yang sempat dirobohkan beberapa waktu lalu.

"Ibu sangat ingin rumah Bung Tomo dikembalikan seperti dulu, itu merupakan sisa perjuangan kemerdekaan yang masih ada. Saya harap bu Risma segera merealisasikannya," kata dia, Rabu (31/8/2016).

Bambang juga mengatakan bahwa ibunya meminta dirinya meneruskan perjuangannya mendirikan Museum Perdamaian Dunia. Sang ibu ingin membuat kisah Indonesia zaman dulu.

"Bapakmu iku ngajak gugur bertempur, Mbang. Ibu pesan jangan mengkhianati pejuang kemerdekaan dan Merah Putih. Darah dan nyawa pejuang jangan disepelekan," kata Bambang mengingat pesan ibunya.

"Ibu itu memiliki impian ingin membuat bukti bahwa Indonesia pernah besar saat Kerajaan Majapahit dulu kala. Ingin ada ceritanya," tambah dia.

(Baca juga: Sulistina Sutomo Tak Pernah Mengeluh Dampingi Perjuangan Bung Tomo)

Sulistina sudah membuat sedikit museum perdamaian dunia Suryo Mojopahit. Lokasinya sudah disiapkan di Trowulan, Jawa Timur.

"Tinggal peresmian saja, dan proses administrasinya saja. Kalau sudah siap, tinggal dibuka untuk umum. Mudah-mudahan Pakde Karwo bisa membantunya," ujar Bambang.

Ratusan orang mengikuti shalat jenazah Sulistina, Rabu sore. Sulistina meninggal di usia 91 tahun setelah sempat dirawat di RSPAD Jakarta selama dua pekan. Dia mengalami infeksi paru-paru yang akut sehingga tidak berhasil ditolong.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Kamis (1/9/2016), dengan judul: Istri Bung Tomo Pesan Risma Agar Kembali Bangun Rumah Radio Bung Tomo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com