Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulistina Sutomo Tak Pernah Mengeluh Dampingi Perjuangan Bung Tomo

Kompas.com - 31/08/2016, 21:47 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Almarhumah Sulistina Sutomo dikenal sosok istri yang setia menemani perjuangan suaminya, Bung Tomo.

Wanita yang berpulang di usia 91 tahun itu diceritakan tidak pernah mengeluh menjalani susah senang perjuangan suaminya.

"Ibu kami tidak pernah mengeluh sedikitpun, selalu. Bapak sedang susah, senang, prihatin, beliau selalu mendampingi," kata salah satu putra almarhumah, Bambang Sulistomo seusai prosesi pemakaman di TPU Ngagel, Surabaya, Rabu (31/8/2016) sore.

Baca juga: Taman Perdamaian, Cita-cita Istri Bung Tomo yang Tertinggal

Bambang menceritakan, saat keluarganya membutuhkan biaya sekolah adik dan kakaknya, Bung Tomo beternak ayam untuk dijual telurnya.

"Ibu saya yang selalu memberi makan ayam-ayamnya," kata Bambang.

Keluarga besar, kata dia, masih shock dengan kepergian Sulistina Sutomo yang dikenal sangat dekat dengan anak dan cucu-cucunya.

Baca juga: Meski Berusia 90 Tahun, Istri Bung Tomo Ingat Ulang Tahun Anak hingga Cicitnya

Dia meninggalkan empat anak, tujuh cucu dan lima cicit dari pernikahannya dengan Bung Tomo. Sejak dua pekan terakhir, kata Bambang, ibunya dirawat di RSPAD Jakarta karena menderita sakit paru-paru.

"Kami terharu, saat meninggal ibu seperti tersenyum," jelasnya. 

Sebelum dimakamkan di TPU Ngagel, Sulistina Sutomo dishalatkan di Masjid Agung Al Akbar Surabaya selepas mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Jenazah almarhumah dimakamkan tepat di samping makam Bung Tomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com