Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD: Kapan Pak Jokowi ke Sukamade? Di Sini Banyak Penyu

Kompas.com - 31/08/2016, 21:09 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan siswa SD 2 Sarongan menulis surat kepada Presiden Joko Widodo dalam rangka gerakan "Ayo Menulis" yang diselenggarakan oleh relawan Satu Juta Bolpoin untuk anak Indonesia, Rabu (31/8/2016).

Siska, siswa kelas dua SD 2 Sarongan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi dalam suratnya kepada Presiden Joko Widodo bertanya kapan presiden datang ke rumahnya yang ada di Dusun Sukamade, Sarongan, Banyuwangi.

"Apa kabar Pak Jokowi? Saya ingin bertanya kapan Pak Jokowi ke sini (Sukamade)? Di sini banyak penyu hijau, coklat, kopi, karet. Di sini juga banyak turis dari Inggris, Swiss, Australia. Di sini juga jauh dari kota, Pak," tulis Siska dalam suratnya.

Dusun Sukamade terletak di dalam hutan Meru Betiri dengan jarak 115 kilomater dari Banyuwangi dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.000 jiwa dari 300 kepala keluarga.

Dusun ini memiliki desa kecil yang berjarak rata-rata berjarak 5 kilometer, di antaranya Sumber Langsep, Sumber Suko dan Sumber Sari. Untuk menuju ke masing masing desa harus melalui beberapa sungai.

Nury Sybli, koordinator gerakan relawan "Satu Juta Bolpoin untuk anak Indonesia" kepada Kompas.com menjelaskan gerakan "Ayo Menulis" sengaja berkunjung ke Dusun Sukamade Banyuwangi untuk mengajak anak Indonesia menulis dengan tangan.

"Dengan tradisi menulis tangan, anak-anak diajak menuliskan tentang desa mereka, harapan dan cita-cita yang dituangkan dalam surat untuk Presiden RI. Apalagi di Sukamade jaraknya cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi," jelasnya.

Nury menambahkan, selain mengasah kinerja otak, menulis tangan juga dapat membantu anak-anak menjadi kreatif.

"Kami mengandalkan guru dan orangtua untuk melestarikan menulis dengan tangan kepada anak dan siswa dia tengah modernisasi ini,” tandasnya.

Sementara itu Ismaini, kepala SD2 Sarongan saat dihubungi Kompas.com mengaku menyambut baik kegiatan menulis dengan tangan ini.

"Saya bangga, anak-anak yang jauh dari kota ini ternyata masih ada yang memperhatikan," ujarnya.

Ia mengatakan, Dusun Sukamade adalah dusun yang terletak di tengah hutan dan jauh dari masyarakat perkotaan karena jarak menuju Dusun Sukamade bisa ditempuh 5 jam dari kota Banyuwangi.

"Di sini jalanan bebatuan dan tidak semua kendaraan bisa akses masuk. Dan, di sini tidak ada listrik. Gerakan 'Ayo Menulis' ini bisa membuat anak-anak semakin semangat," jelas Ismaini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com