Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gempa di Bangka Belitung, Masyarakat Heran

Kompas.com - 31/08/2016, 13:35 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Gempa ringan berkekuatan 4.0 SR yang muncul pada Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 21.00 WIB menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Masyarakat merasa tidak percaya, karena selama ini daerah Bangka Belitung diketahui tidak dilewati lempeng tektonik Sumatera.

“Kaget pak, tahunya selama ini tidak pernah ada gempa,” ujar Widi, warga Pangkalpinang, kepada Kompas.com, Rabu (31/8/2016).

Kendati tidak merasakan langsung, Widi, mengetahui adanya gempa setelah ramai diperbincangkan. Ia berharap, tidak ada gempa susulan yang akan menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat.

Warga lainnya, Milo, menilai gempa di Bangka Belitung bisa berdampak buruk terhadap rumah-rumah penduduk.

“Banyak rumah yang tidak memiliki rangka besi. Soal bangunan tahan gempa, tidak begitu diperhatikan di sini,” ujar Milo.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, M Nurhuda, membenarkan soal adanya getaran gempa.

 “Magnitude gempa 4.0 SR, 42 kilometer timur laut Kabupaten Bangka Barat. Di sekitar Bangka ada sesar yang termasuk tidak aktif,” kata Nurhuda.

BMKG Pangkalpinang memperkirakan, getaran bisa muncul karena berbagai faktor. Seperti karena ada patahan, longsoran, gunung api. Bahkan aktivitas alat berat di dasar laut juga bisa menimbulkan getaran seakan gempa.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com