TNI AU: Suara Dentuman Keras di Solo dari Latihan Pesawat F-16 - Kompas.com

TNI AU: Suara Dentuman Keras di Solo dari Latihan Pesawat F-16

Kompas.com - 30/08/2016, 15:25 WIB
Serambi Indonesia/M Anshar Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon mendarat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar, 24 April 2014. Sebanyak 6 unit F-16 dari Skuadron Udara 3 Iswahyudi tersebut berada di Aceh hingga 2 Mei, dalam rangka latihan di wilayah perbatasan Selat Malaka untuk pengamanan Zona Ekonomi Eksklusif.

SOLO, KOMPAS.com — Suara dentuman keras yang didengar oleh warga Solo, Selasa (30/8/2016), disebut berasal dari pesawat F-16 milik TNI Angkatan Udara yang sedang berlatih di sekitar kawasan Jawa Tengah.

"Jadi pesawat kami sedang berlatih pertempuran udara. Itu dari Lanud Iswahyudi," kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI Angkatan Udara Marsma Jemi Tri Sonjaya.

Menurut dia, misi latihan menghindari tembakan yang dilakukan pesawat buatan Amerika Serikat tersebut memang menimbulkan suara yang luar biasa.

"Ada 10 pesawat misi latihan dalam rangka escape, menghindari tembakan, kecepatannya masuk melebihi kecepatan suara, supersonic," kata Jemi.

Sebelumnya diberitakan, tak hanya di Solo, dentuman tersebut juga terdengar di berbagai wilayah lain, seperti Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo.

Di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Karanganyar, dentuman yang terjadi sekitar pukul 12.20 WIB itu membuat kaget ratusan orang di kantor. Kerasnya dentuman membuat kaca di kantor Dispendukcapil Karanganyar sempat bergetar.

(Baca juga: Ada Suara Ledakan Keras di Solo, Warga Kebingungan)


Berita ini telah tayang di Tribun Solo, Selasa (30/8/2016), dengan judul: Mabes TNI AU: Suara Dentuman Misterius di Solo Dipastikan dari Suara Pesawat F-16 dan Di Karanganyar, Dentuman Misterius Terdengar Hingga Getarkan Kaca Kantor

EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM