Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Suara Ledakan Keras di Solo, Warga Kebingungan

Kompas.com - 30/08/2016, 14:16 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Suara ledakan keras di Kota Solo dan sekitarnya membuat heboh warga. Sejumlah warga membagikan keterkejutan mereka karena mendengar ledakan di udara tersebut di media sosial.

Kapenrem Mayor Inf Mantang menjelaskan bahwa saat ini jajaran Koramil Karangpandang, Jawa Tengah, dan warga serta instansi terkait sedang berupaya mencari sumber suara yang diduga berasal dari wilayah lereng Gunung Lawu itu.

"Setelah beredar informasi ada suara ledakan keras di wilayah Solo dan (diduga) sumbernya dari lereng Lawu, Danramil dan jajarannya menyisir untuk mencari asal suara. Hingga saat ini belum ditemukan sumber suaranya," kata Mantang saat dihubungi, Selasa (30/8/2016).

Mantang menjelaskan, dirinya menerima informasi bahwa suara tersebut berasal dari efek yang ditimbulkan dari pesawat yang kecepatannya melebihi kecepatan suara yang melintas di wilayah Gunung Lawu.

"Suara ledakannya di udara ya, itu yang disebut sonicboom," katanya.

Sebelumnya, warga heboh di media sosial setelah mendengar suara tersebut, khususnya di wilayah Karesidenan Surakarta. Beberapa informasi dibagikan menggambarkan kedahsyatan ledakan suara yang menggetarkan kaca jendela rumah.

"Suaranya keras sekali sampai bergetar kacanya," tulis Alex, warga Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Hal senada juga dirasakan oleh Kristiano, warga Sukoharjo, yang menceritakan bahwa dirinya sempat keluar rumah karena kaget.

"Saya pikir ada bom dan kaget banget sampai keluar rumah," katanya.

Update

Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI Angkatan Udara Marsma Jemi Tri Sonjaya yang dihubungi mengatakan, suara dentuman keras itu berasal dari pesawat F-16 milik TNI Angkatan Udara yang sedang berlatih di sekitar kawasan Jawa Tengah.

Baca: TNI AU: Suara Dentuman Keras di Solo dari Latihan Pesawat F-16.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com