Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segala Informasi tentang PON Bisa Dipantau lewat Aplikasi di Ponsel

Kompas.com - 30/08/2016, 11:53 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jabar meluncurkan aplikasi Live Streaming untuk perangkat ponsel pintar. Aplikasi ini akan menjadi sarana informasi segala hal tentang PON dan Peparnas Jawa Barat, termasuk streaming pertandingan sebelas cabang olahraga.

“Aplikasi ini bisa juga menjadi sarana untuk mengajak orang untuk menonton. Mudah-mudahan ini akan mempermudah orang untuk mendapatkan informasi, tidak hanya perolehan medali, tapi juga proses dari perolehan medali itu,” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam rilisnya, Selasa (30/8/2016).

Kepala Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) PB PON XIX Jabar Dadang Suharto mengatakan, aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS tersebut bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Play Store, sedangkan Apps Storebaru dapat diakses di awal September.

Aplikasi bisa dijalankan terutama di telepon pintar, komputer sabak, komputer jinjing, dan desktop yang berbasis Android dan iOS. Rencananya, seluruh pertandingan akan disiarkan, namun tahap awal akan memutar live sebelas pertandingan, yaitu cabang olahraga tinju, atletik, basket, voli indoor, voli pasir, tenis lapangan, tenis meja, akuatik renang, taekwondo, pencak silat, dan karate.  

"Ini baru pertama kali ada sepanjang event olahraga di tanah air. Pengalaman baru ini akan memberikan kemudahan sekaligus kepuasan masyarakat Indonesia," katanya.  

Selain itu, aplikasi ini juga bentuk pelayanan bagi media terutama yang berada di luar venue.

"Informasi yang disajikan insyaallah mutakhir, dari PPM sudah menyiapkan media officer di tiap venue untuk pemutakhiran data," tambahnya. 

Dadang menjelaskan, setidaknya ada lima manfaat utama aplikasi ini. Pertama, akses pertandingan dapat diakses dimana saja cukup menggunakan ponsel cerdas yang terkoneksi internet. 

Kedua, biaya operasional menjadi lebih murah karena tidak harus membeli slot pertandingan di media massa konvensional. Oleh karena itu, bujet keseluruhan bisa diefisienkan. 

“Ketiga, pertandingan juga bisa disiarkan berbarengan secara serentak. Penonton bisa bebas memilih cabor mana yang diinginkan,” ungkapnya. 

Selanjutnya, live streaming juga bisa disiarkan tanpa terbatas durasi.

"Siaran pertandingan pun bisa disimpan untuk kemudian disaksikan kembali," katanya.

Menurut Dadang, PB PON memahami tren masyarakat Indonesia yang saat ini sedemikian terlekat pada gawai. Tanpa harus beranjak dari aktivitas kesehariannya, masyarakat bisa menyaksikan dan mendukung provinsi kebanggaannya. 

Dadang menjelaskan teknis pengunduhan. Di Play Store, masyarakat masuk ke halaman muka. Lalu, ketikkan “Pekan Olahraga PON 2016”.

Selepas itu, maka akan muncul tautannya. Proses install akan berlangsung dalam hitungan kurang dari satu menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com