Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mbah Gotho Dikenal Jago Berenang, Ini Resepnya biar Panjang Umur

Kompas.com - 30/08/2016, 11:46 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SRAGEN, KOMPAS.com — Banyak orang kagum terhadap kesehatan Suparman Sodimejo atau Mbah Gotho meski usianya sudah sangat renta. Pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu tercatat lahir pada 1870 dan masih tampak sehat.

Ditemui di kediamannya di Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Mbah Gotho masih sanggup menceritakan kisah hidupnya dengan kalimat terbata-bata.

Ia hidup di rumah tersebut bersama keluarga Suryanto, cucu dari istri keempat Mbah Gotho.

"Tetangga atau tamu yang datang sering tanya kepada Mbah, 'Resep panjang umur apa?' Mbah Gotho selalu menjawab, 'Ikhlas. Panjang umur tersebut adalah mukjizat dari Yang Kuasa'," kata Suryanto, Senin (29/8/2016).

Suryanto menuturkan, kakeknya dikenal piawai dalam berenang. Mbah Gotho juga dikenal pandai menangkap ikan di sungai tanpa bantuan alat apa pun.

"Dulu, katanya orang sepuh di desa, Mbah Gotho suka berenang dan mencari ikan di sungai, bahkan menangkap ikan tanpa bantuan alat," kata Suryanto.

Salah satu tetangga Mbah Gotho, Margiyanti, beberapa tahun silam masih melihat Mbah Gotho bekerja di ladang mencari rumput. Namun, saat ini, Mbah Gotho setiap hari beristirahat di rumah.

"Dulu masih kerja cari rumput, cari kayu, tetapi sekarang kebanyakan di rumah saja," katanya.

(Baca juga Tercatat Lahir pada 1870, Mbah Gotho Masih Kuat Makan dan Minum Sendiri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com