Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suvenir Kenegaraan Uni Emirat Arab Ternyata Buatan Bandung

Kompas.com - 29/08/2016, 19:16 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Suvenir kenegaraan yang digunakan Uni Emirat Arab ternyata berasal dari Bandung. Bentuknya unik, yakni radio dari kayu yang dipadupadankan dengan kuningan dan lainnya.

"Bahannya kayu veneer, medium density fiber, engineering wood. Intinya kayu dihancuran lalu di-press. Kayu yang digunakan berjenis jati," ujar CEO Gloya, Abdul Sobur di Bandung, Senin (29/8/2016).

Sobur menjelaskan, radio yang dinamai 'Meca Harmony' ini sudah empat tahun menjadi suvenir Uni Emirat Arab. Dalam satu tahun, produk yang dipesan negara tersebut mencapai 200 unit.

"Harganya 2-3 kali lipat dari harga yang dipasarkan. Karena ada beberapa permintaan khusus," tuturnya.

Misalnya, logo Uni Emirat Arab yang dipasang di bagian atas radio. Hal tersebut mempertegas keindahan radio yang bermotifkan negara arab tersebut.

Selain mengerjakan suvenir Uni Emirat Arab, Gloya menggarap pesanan Presiden Indonesia, Joko Widodo. Yakni batik box sebanyak 50 buah.

Saat ini, sambung Sobur, 95 persen produknya diekspor ke luar negeri, seperti Timur Tengah, Eropa, Perancis, dan Asia.

Mulai dua bulan lalu, pihaknya mulai membidik pasar dalam negeri. Di antaranya dengan membuka gerai di Bandung dan Jakarta.

"Nanti akan buka di Jawa Timur dan Bali," tuturnya.

Sobur mengaku sengaja membidik pasar dalam negeri karena potensi dalam negeri begitu besar. Apalagi dengan adanya MEA, pihaknya ingin memperkuat pasar dalam negeri. Apalagi pasar ekspor saat ini sedikit menurun. Seperti pasar Timur Tengah yang dipengaruhi harga minyak serta pasar Eropa yang ekonominya sedang tidak bagus.

"Produk yang ditawarkan beragam. Ada radio, music box, batik box, dan lainnya. Harganya juga beragam. Seperti box dari harga Rp 250.000 hingga Rp 12 juta," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com