Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Sebelum Teror Bom di Medan, Kakak Pelaku Dengar Ledakan di Atas Rumah

Kompas.com - 29/08/2016, 06:32 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Pelaku percobaan bom bunuh diri di Medan, Sumatera Utara, diduga pernah melakukan percobaan terhadap bom pipa rakitannya di kediamannya.

Hal itu diketahui setelah aparat Polresta Medan dan Polda Sumut menggeledah kediaman pelaku bernama IAH (18) di Jalan Setia Budi, Gang Sehati, Medan, Sumatera Utara, Minggu (28/8/2016).

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi Rina Ginting mengatakan, berdasarkan pengembangan di rumah IAH, polisi menemukan sejumlah benda mencurigakan.

"Hasil pemeriksaan dari kamar IAH memang ada detonator rakitan, trafo, pipa, semen, alumunium foil, baterai, paspor atas nama IAH, kartu tanda siswa, kabel-kabel, dan pupuk urea," kata Rina seperti dikutip Tribun Medan.

Menurut Rina, pada Jumat (26/8/2016) sekitar pukul 21.00 WIB atau dua hari sebelum kejadian, kakak IAH bernama Eva mendengar suara ledakan di atas rumah.

"Ada dua kali suara ledakan, pertama keras kayak trafo meledak dan kedua kecil. Jadi, kami menduga hanya iseng-iseng main-main, apalagi IAH rajin beribadah," katanya.

Kediaman orangtua IAH berlantai dua. Bagian depan digunakan untuk menjemur pakaian. Adapun bagian belakang tak berlantai dua.

Adi, warga sekitar, menyebutkan, sehari sebelum kejadian teror bom, ia mendengar suara ledakan keras. Ia menduga ada trafo PLN yang meledak.

"Namun, saat aku mengintip ke jendela, terlihat IAH meledakkan petasan yang terbuat dari pipa. Enggak tahu kalau pipa-pipa itu dirakit buat bom serang gereja," ujarnya, Minggu.

Selain itu, IAH juga meledakkan bom rakitan di loteng rumah sekitar pukul 09.00 WIB. Kala itu, sebagian warga kompleks perumahan tersebut tidak berada di rumah.

Dari hasil pemeriksaan polisi, IAH terindikasi melakukan percobaan terhadap bom pipa rakitan.

"Sekitar satu minggu yang lalu, ibu pelaku mengetahui bahwa terdapat kiriman paket kepada IAH yang berisi pupuk," kata Rina.

Artikel ini telah tayang di Tribun Medan dengan judul "Polisi Temukan Pipa dan Buku-buku Komputer di Kamar Pelaku Bom Gereja".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com