Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Facebook Kapolres Gresik Dikloning

Kompas.com - 27/08/2016, 17:21 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Aparat kepolisian di Gresik, Jawa Timur, mewaspadai keberadaan akun Facebook yang mengatasnamakan Kepala Polres Gresik AKBP Adex Yudiswan.

Keberadaan akun kloning itu tercium setelah muncul imbauan agar masyarakat berhati-hati bila ada yang meminta aneh-aneh dari akun Facebook yang mengatasnamakan Kapolres Gresik.

"Mulai dari nama hingga foto profil, memang sama dengan akun milik Bapak yang asli. Sehingga bila di-searching di Facebook, maka akan keluar dua akun Facebook atas nama Adex Yudiswan," kata salah satu polisi di Polres Gresik yang enggan disebut namanya, Sabtu (27/8/2016).

Adex menyatakan sudah lama memantau keberadaan akun yang mencatut namanya tersebut dan terus mengamati aktivitas yang dilakukan.

"Sampai saat ini, saya terus memantaunya dan masih ingin tahu, apa yang hendak dilakukan oleh sang pembuat dengan mengkloning akun Facebook saya. Saya enggak mau buruk sangka dan pikiran positif saja dulu," jelas Adex.

Adex masih enggan mengusut pembuat akun palsu tersebut. Ia menunggu apa yang akan diperbuat oleh pemilik akun itu dan tujuan dibuatnya akun tersebut.

"Sampai akun tersebut belum merugikan saya, maka saya hanya sebatas akan memantaunya sebab saya sendiri dikit-dikit juga tahu IT (teknologi informasi). Tapi kalau nanti terbukti disalahgunakan, pasti akan saya tindak," kata dia.

Adex menyatakan, jika akun palsu itu sudah merugikan, maka pemiliknya dapat dijerat dengan pasal pencemaran nama baik.

Sampai saat ini, akun palsu milik Adex tersebut juga masih eksis di dunia maya. Untuk itu, Adex mengimbau kepada masyarakat agar tidak menghiraukan jika akun tersebut mulai meminta hal yang aneh-aneh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com