Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga di Aceh Barat Terkurung Banjir

Kompas.com - 26/08/2016, 17:11 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat sejak tiga hari ini telah mengakibatkan warga di tiga desa di Kecamatan Samatiga terjebak banjir, karena permukiman dan jalan akses utama telah terendam air setinggi 1 meter lebih.

“Banjir telah merendam permukiman kami lebih dari 1 meter, di dalam rumah sekarang sudah mencapai 80 sentimeter, tempat tidur kami sudah terendam," kata Amirudin, kepala Desa Cot Amun kepada wartawan, Jumat (26/8/16).

Menurut Amiridudin, tiga desa yang telah terendam banjir dan terisolasi di antaranya Desa Cot Amun, Rangkilek dan Masjid Baro. Warga yang ingin keluar dari permukiman pun terpaksa harus menggunakan perahu untuk melewati genangan banjir di ruas jalan utama mencapai 1 meter lebih.

“Warga yang ingin keluar terpaksa harus menggunakan perahu, karena jalan akses utama sudah terendam banjir luapan sungai," katanya.

Ratusan warga Desa Cot Amun yang menjadi korban banjir mulai mengungsi ke rumah tetangganya yang dataran tanahnya lebih tinggi. Namun sebagian warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing sambil memindahkan barang ke tempat yang lebih tinggi.

“Sebagian warga sudah mengungsi ke rumah kerabatnya yang ada lantai dua, sementara ada juga yang masih bertahan di rumah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com