Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Ton Daging Busuk Ditemukan di Peti Pendingin

Kompas.com - 26/08/2016, 13:34 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Daging gelondongan yang telah membusuk serta daging ayam yang tidak layak konsumsi ditemukan tersimpan di sebuah gudang di Pasar Modern Koba, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Petugas gabungan yang melakukan razia, menduga, tumpukan daging yang telah membusuk akan digiling sebagai bahan campuran makanan tertentu.

“Semua daging temuan ini harus dimusnahkan. Secara kasat mata, jelas ini telah membusuk tapi masih disimpan di peti pendingin,” kata Koordinator Tim, Iptu Agus Prasetiawan, seusai razia, Jumat (26/8/2016).

Daging tidak layak konsumsi ditemukan saat razia tim gabungan yang terdiri dari BPOM, Dinas Kesehatan dan kepolisian.

Saat ditemukan, kondisi daging sudah pucat membiru bahkan ada pula tumpukan daging yang sudah menghitam. Daging ini sangat berbeda warnanya jika dibandingkan dengan daging sapi segar.

Petugas kemudian menyita daging yang tidak layak konsumsi untuk selanjutnya dimusnahkan. Sementara pemilik gudang telah diberi surat peringatan agar tidak lagi menyimpan bahan makanan berbahaya.

Selain menemukan daging membusuk, petugas juga mengambil sampel daging sapi, daging ayam, udang, dan ikan yang sedang dijual para pedagang. Setelah dilakukan uji di tempat, tidak ditemukan kandungan zat berbahaya semisal formalin maupun boraks.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com