"Pilih Mana, Miskin tapi Bahagia atau Kaya tapi Menderita?" - Kompas.com

"Pilih Mana, Miskin tapi Bahagia atau Kaya tapi Menderita?"

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 26/08/2016, 12:02 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Gubernur Maluku, Said Assagaff saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Telaah Program Keluarga Berencana Dan Pengembangan Keluarga (KKBPK) tahun 2016 di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (26/8/2016).

AMBON,KOMPAS.com - Provinsi Maluku tercatat merupakan salah satu provinsi termiskin di Indonesia bersama sejumlah provinsi lainnya di bagian timur Indonesia. Predikat ini didasarkan pada data dari Badan Pusat Statistik Nasional.

Namun, berdasarkan data BPS juga, Maluku ternyata merupakan salah satu provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia.

“Provinsi Maluku urutan ke-4 termiskin di indonesia, namun provinsi Maluku juga menjadi provinsi dengan indeks kebahagiaan ke-2 di Indonesia,” ungkap Gubernur Said Assagaff saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Telaah Program Keluarga Berencana Dan Pengembangan Keluarga (KKBPK) tahun 2016 di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (26/8/2016).

”Mau pilih mana miskin tapi bahagia, atau kaya tapi menderita,” tambah Said disambut tawa pra undangan yang hadir dalam acara itu.

Dengan adanya data tersebut, Said mengaku heran. “Ini kan lucu kita miskin tapi bahagia, dan saya lebih baik memilih miskin tapi hidup bahagia,”sebutnya.

Maluku didaulat sebagai provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi kedua berdasarkan survei yang dilakukan BPS. Dalam menentukan rangking setiap provinsi, BPS menggunakan 10 komponen esensial dari kehidupan masyarakat seperti pendidikan, pendapatan, keharmonisan rumah tangga, keamanan, lingkungan dan sebagainya.

Acara tersebut dihadiri Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Kepala BKKBN Provinsi Maluku dan sejumlah pejabat pemprov Maluku.

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM