Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Amankan Tanker Bermuatan 900 Kiloliter Solar

Kompas.com - 26/08/2016, 07:07 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sebuah kapal tanker bermuatan solar milik PT Vierlines yang memuat 900 Kiloliter BBM jenis solar yang diduga dilarikan anak buah kapal (ABK) ke Batam, ditangkap Tim Western Fleet Quick Respons (WFQR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang di perairan Pulau Dato, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (24/8/2016).

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksma TNI Edi Sucipto mengatakan, sejak adanya laporan hilangnya tanker tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi memberikan instruksi untuk melakukan pencarian.

"Menindaklanjuti instruksi tersebut, WFQR-4 Lantamal IV di bawah komando Danlantamal IV, langsung bergerak melakukan pencarian terhadap keberadaan kapal tersebut dengan mengerahkan unsur KRI yang didukung helikopter BO 105 NV 409 dan pesawat intai maritim CN 235 P861," ujar Edi, Jumat (6/8/2016).

Dia menambahkan, perburuan yang dilakukan non stop siang malam oleh tim WFQR-4 tersebut, akhirnyan membuahkan hasil dengan ditemukannya keberadaan MT Vier Harmoni yang tengah berlayar di perairan Kalimantan Barat.

Setelah ditangkap, selanjutnya kapal tersebut diamankan dan dikawal menuju pelabuhan Tanjung Pinang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

"Hari kapal masih dalam pelayaran menuju perairan Kepulauan Riau. Lambatnya jalan kapal Vier Harmoni yang dikawal KRI Gilimanuk dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat, gelombang besar dan diduga ada indikakasi ABK MT Vier Harmoni membuat laju kapal lamban, karena kecepatan rata-rata hanya 3 knot," ungkap Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com