Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut Kopra yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Kompas.com - 21/08/2016, 05:39 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan Kapal Motor (KM) Hijau Daun yang dikabarkan hilang saat bertolak dari Pulau Ujung Silait menuju Desa Moawo, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

"Kapal beserta para penumpang ditemukan dalam keadaan selamat dan saat ini sudah berada di Lahewa, tadi kami sebutkan 15 orang, setelah didata hanya berjumlah 13,” ujar Koordinator Pos SAR Nias, Bobby Purba, Sabtu, (20/08/2016).

Penumpang kapal yang sempat dikabarkan hilang di perairan Aceh Singkil menuju ke Pulau Nias telah ditemukan dalam keadaan selamat, sementara seluruh penumpang dievakuasi di Pelabuhan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara.

Saat ditemukan di perairan perbatasan antara Aceh dan Kepulauan Nias, kapal dalam keadaan mati mesin akibat propeller patah.

Ditambahkannya, kapal tersebut sudah biasa membawa komoditi lokal hasil panen dan mengalami kerusakan pada mesin sempat saat berlayar melintasi perairan Pulau Ujung Sialit dan Pulau Sarang Baung.

Sebelumnya, Tim dari Pos SAR Nias beserta Tim SAR Gabungan yang terdiri dari TNI AL, Polair Polres Nias, para nelayan dan Tim Basarnas Pos SAR Nias melakukan pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Hijau Daun yang dikabarkan hilang saat bertolak dari Pulau Ujung Silait menuju Desa Moawo, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Setelah menemukan kapal dan para penumpang tersebut, mereka akhirnya menghentikan proses pencarian. (Baca: Kapal Pengangkut Kopra dan 15 Penumpang Hilang di Perairan Nias)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com