Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disangka Bom, Ternyata Bom Replika Bekas Latihan TNI

Kompas.com - 16/08/2016, 20:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

Kompas TV Pemkab Bandung Barat Diteror Benda Mirip Bom

BANDUNG, KOMPAS.com - Jajaran Polda Jawa Barat memastikan bahwa bom yang ditemukan di Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat adalah replika bekas latihan salah satu pusat pendidikan TNI AD.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Komisaris Besar Yusri Yunus menuturkan, usai pihaknya mendapat laporan tentang adanya temuan benda mirip bom, pihaknya langsung menerjunkan tim penjinak bom yang dipimpin langsung Kepala Satbrimob Polda Jabar.

Saat bom itu hendak diteliti, kata Yusri, datang salah seorang perwira TNI AD yang mengaku bahwa benda tersebut milik TNI yang hilang beberapa hari lalu seusai melakukan latihan.

"Saat kita mau bekerja untuk menjinakkan untuk mengetahui apa isi bom itu, kemudian datang seorang perwira TNI AD ke lokasi. Setelah melihat, beliau mengakui bahwa itu adalah bom replika tidak ada isinya, berbentuk bom tapi isinya bukan. Itu adalah alat untuk latihan dari pusat pendidikan TNI AD," tutur Yusri saat dihubungi Kompas.com via telepon seluler, Selasa (16/8/2016) malam.

Dari penjelasan perwira TNI AD itu, lanjut Yusri, ada dua bom replika yang sempat hilang beberapa hari lalu saat satuannya tengah melaksanakan pelatihan siswa.

"Beberapa hari (pihak TNI) mencari tapi tidak ditemukan, itulah yang ditemukan oleh karyawan kebersihan itu. Memang dari pihak TNI AD meyakinkan itu replika dan memang itu replika dari kayu begitu, jadi tidak ada penyelidikan lanjutan," ujarnya.

Usai mendapatkan kepastian, aparat Polres Cimahi langsung memberikan penjelasan kepada masyarakat dan pegawai agar situasi kembali kondusif.

"Setelah itu kita kembali sampaikan kepada pegawai untuk kembali bekerja dan kondisi terakhir sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak usah resah. Sudah kondusif," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, para pegawai negeri sipi di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat digegerakan dengan penemuan benda yang diduga bom Selasa (16/8/2016) siang.

Kepala Polres Cimahi, Ajun Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi menuturkan, benda berbentuk kotak dengan lilitan kabel itu ditemukan oleh Rangga, salah seorang petugas kebersihan di dekat gudang panel listrik.  (baca Petugas Kebersihan Temukan Benda Diduga Bom, PNS Panik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com