Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Semua Presiden dan Wapres Dipasang di Lahan Bekas Pembongkaran

Kompas.com - 16/08/2016, 15:55 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Warga di Kelurahan Kedung Kandang RT 4 RW 6 Kota Malang, Jawa Timur, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 RI dengan memajang foto presiden dan wakil presiden Republik Indonesia pertama hingga saat ini.

Sejumlah foto itu dipajang berurutan di pagar bambu di lahan kosong bekas pembongkaran rumah penduduk, tepatnya di pinggir jalan pertigaan Kedung Kandang.

Rencananya, lahan yang saat ini lapang itu akan digunakan sebagai lokasi pembangunan flyover.

Wakil Ketua RT 4 Muhammad Syukron mengatakan, foto-foto presiden dan wakil presiden itu sudah dipajang sejak enam hari yang lalu. Pemajangan foto itu untuk mengingatkan kembali jasa para tokoh yang pernah memimpin Indonesia.

"Untuk mengenang sejarah. Mengingatkan tentang sejarah," katanya kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2016).

Dia meyakini bahwa tidak semua orang mengetahui sosok pemimpin yang pernah memegang pucuk tertinggi pemerintahan di Indonesia, terutama kaum muda yang tidak lain adalah penerus bangsa.

Oleh karena itu, pemajangan foto presiden dan wakil presiden pertama hingga saat ini itu supaya warga bisa mengenal sosok pemimpin yang telah berjasa untuk Indonesia.

"Tujuannya (tentang) sejarahlah. Urut-urutannya mungkin anak-anak muda tidak hafal," katanya.

Di bawah foto-foto itu juga disertakan profil singkat supaya yang melihatnya bisa memahami sosok para pemimpin tersebut. Rencananya, foto itu akan dipajang hingga tanggal 28 Agustus.

Di tanggal itu, warga RT 4 berencana akan menggelar puncak peringatan HUT ke-71 RI. Deretan pertama dalam pajangan foto itu adalah pasangan Soekarno dan Moh Hatta sebagai dwitunggal proklamator kemerdekaan sekaligus presiden dan wakil presiden pertama.

Kemudian di sampingnya adalah foto Soeharto dengan sederet wakil presiden yang pernah mendampinginya, di antaranya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Adam Malik, Jenderal Purn Umar Wirahadikusumah, Letjend Purn Sudharmono, dan Jenderal Purn Try Sutrisno.

Selanjutnya disusul oleh foto BJ Habibie sebagai Presiden ke-3 tanpa wakil presiden. Kemudian ada foto Abdurrachman Wahid (Gusdur) saat berpasangan dengan Megawati Soekarno Putri. Kemudian foto Megawati Soekarno Putri saat berpasangan dengan Hamzah Haz.

Foto berikutnya ada Susilo Bambang Yudhoyono dengan dua wakil presiden yang pernah mendampinginya, yakni Jusuf Kalla dan Boediono. Lalu ada foto Joko Widodo berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Di bawah foto itu juga terdapat keterangan lama presiden dan wakil presiden itu memimpin.

Terkait dengan pemilihan tempat yang ada di lahan kosong bekas penggusuran, Syukron mengaku tidak ada tendensi tertentu. Dia mengatakan, lokasi tersebut dipilih karena lokasi terbuka sehingga foto-foto presiden dan wakil presiden itu bisa dilihat oleh orang banyak.

"Kebetulan saja ada lahan kosong," ucapnya.

Sebelumnya, lahan kosong itu dihuni oleh 75 warga. Saat ini, mereka pindah karena terdampak rencana pembangunan flyover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com