Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Merdeka Itu Mengangkat Kesejahteraan Rakyat

Kompas.com - 16/08/2016, 12:20 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia bukan sekadar ritual mengangkat bendera sebagai simbol kemerdekaan.

Dalam konteks saat ini, menurut dia, kemerdekaan adalah mengangkat kesejahteraan masyarakat, serta berperang melawan penjajahan ekonomi.

"Dulu mungkin kita berperang mengangkat senjata, mengangkat bendera melawan penjajah, tapi sekarang kita mengangkat kesejahteraan rakyat dengan berbagai cara," kata Risma, Selasa (16/8/2016).

Mengangkat kesejahteraan masyarakat, lanjut dia, adalah perjuangan dalam dunia nyata yang sangat relevan untuk konteks saat ini.

"Karena jika tidak, sebenarnya kita masih belum merdeka," tambahnya.

Selain mengangkat kesejahteraan masyarakat, Risma juga memakai kemerdekaan dalam konteks masyarakat terlepas dari model penjajahan baru, yakni penjajahan ekonomi.

"Karena itu sendi-sendi perekonomian rakyat harus diperkuat," ujarnya.

Apalagi, lanjut Risma, saat ini Indonesia memasuki era perdagangan bebas ASEAN. Risma mengatakan, Pemkot Surabaya terus memperkuat daya tahan perekonomian rakyat dengan memberikan bimbingan, permodalan, hingga izin usaha agar mereka tidak ditindas oleh aktifitas ekonomi dari negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com