Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Hiu Paus Menghilang, Masyarakat Gorontalo Bingung

Kompas.com - 15/08/2016, 18:09 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Ikan hiu paus yang selama ini menjadi kebanggaan pariwisata Provinsi Gorontalo sudah beberapa hari tidak ditemukan di lokasi. Diperkirakan sudah 4 hari ini ikan raksasa ini tidak ada.

Banyak wisatawan yang datang ke Kelurahan Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango tidak menjumpainya.

Masyarakat di sekitar pantai Botubarani tidak tahu penyebab hilangnya hius paus ini. Padahal sudah sekitar 3 tahun kawanan hius paus ini hadir di laut belakang rumah mereka.

Hilangnya hiu paus ini sangat dirasakan warga sekitar yang sudah menggantungkan ekonominya terhadap kedatangan wisatawan.

“Kami tidak tahu ke mana larinya hiu paus, namun isu yang beredar katanya diguna-gunai oleh orang agar pindah dari Botubarani” kata Maruf, warga desa Botubarani, Senin (15/8/2016).

Keberadaan hiu paus yang fenomenal di desa ini mencapai 17 ekor. Jumlah ini berdasar pada identifikasi nelayan setempat. Bahkan beberapa di antaranya sudah dinamai warga layaknya nama manusia, seperti Sherly.

Hilangnya ikan ini membuat warga kebingungan, pasalnya ada warga yang sudah melakukan investasi membuat perahu dan warung untuk melayani pengunjung. Mereka khawatir uang yang sudah terlanjur dikeluarkan tidak balik lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com