Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan, Bupati dan Wakil Bupati Ini Tetap Ikut Pawai

Kompas.com - 13/08/2016, 17:29 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK,KOMPAS.com - Pelaksanaan pawai kesenian di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur Sabtu (13/08/2016), diguyur hujan deras. Meski demikian, para peserta maupun penonton tetap antusias mengikuti jalannya kegiatan hingga selesai.

Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, pemerintah Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan pawai kesenian yang bertajuk Ethnic Carnival tingkat pelajar, instansi, hingga umum.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dan dan Wakil Bupati Mochammad Nur Arifin turut serta pawai berjalan kaki, dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer.

“Ternyata ikut pawai berjalan kaki meski jauh sangat menyenangkan. Saya melihat banyak warga antusias menyaksikan pawai ini. Saya bisa melihat kondisi peserta maupun penonton secara langsung meski sempat kehujanan dalam perjalanan," ucap Wakil Bupati Trengalek Mochammad Nur Arifin.

Meski cuaca kurang mendukung yakni hujan deras, para peserta tetap semangat mengikuti pawai serta melakukan atraksi di depan panggung kehormatan. Ribuan penonton yang memadati sepanjang jalur protokol yang dilalui peserta pawai, juga tetap semangat menyaksikan kegiatan ditengah curah hujan.

“Bagi kami kehujanan tidak masalah. Justru kami jadikan sebagai penyemangat untuk lebih atraktif dalam melakukan atraksi. Mending kehujanan dari pada kepanasan dan sekaligus sebagai wujud perjuangan kami untuk Republik Indonesia," kata Ahmad Soleh, seorang peserta.

Dalam pawai ini aneka kesenian lokal maupun kesenian daerah lain dibawakan oleh masing-masing peserta. Di antaranya, kesenian Reog Ponorogo, Rampak barong, serta tarian khas Trenggalek yakni jaranan Turonggo Yakso.

Pelaksanaan pawai kali ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Apabila sebelumnya panggung kehormatan berada di depan Pendopo kabupaten Trenggalek, kini berada di sekitar tugu Garuda yang merupakan salah satu Landmark Kota Trenggalek.

“Untuk tahun ini sengaja kami buat semua acara kegiatan pawai sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Dengan tujuan,tiap atraksi peserta pawai semakin indah dengan adanya beberapa Visual Effect, juga memberi kesan yang sangat terhibur dari segi penonton,” ujar Wakil Bupati Trenggalek yang akrab di sapa Gus Ipin ini.

Kompas TV Cerita Emil Dardak Pimpin Trenggalek - AIMAN Eps 75 Bagian 2
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com