Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Partai, Bupati Malang Diangkat Jadi Ketua Nasdem Jatim

Kompas.com - 12/08/2016, 20:51 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Malang yang diusung Partai Golkar, Rendra Kresna, resmi pindah ke Partai Nasdem.

Minggu (14/8/2016) nanti, dia akan dilantik menjadi ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Surabaya.

Rendra yang sebelumnya juga menjabat ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malang itu pada Jumat (12/8/2016) sore terlihat hadir di acara sekolah kader Partai Nasdem di Surabaya. Dia juga memakai almamater Partai Nasdem berwarna biru. 

Rendra menggeser posisi ketua DPW yang sebelumnya dijabat Effendi Choirie yang dipromosikan menjadi Sekjen Partai Nasdem.

"SK-nya dari DPP sudah turun, Pak Rendra sudah resmi masuk ke keluarga besar Partai Nasdem," kata Effendi Choirie.

Rendra dipilih menjadi Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur berdasarkan mekanisme khusus internal Partai Nasdem yang disetujui pendiri Partai Nasdem, Surya Paloh. Rendra sendiri mengaku tidak ada alasan khusus atas kepindahannya ke Partai Nasdem.

"Ke depan, orang akan memilih partai bukan lagi karena ideologinya, tapi juga karena visi dan misi partai tersebut," jelas Rendra.

Rendra mengaku sudah mengajukan pengunduran dirinya dari Partai Golkar sejak beberapa bulan lalu.

"Lepas dari partai itu ada tiga alasan, pertama meninggal dunia, kedua dipecat, ketiga mengundurkan diri. Saya sudah kirim surat pengunduran diri saya ke DPP Partai Golkar," tambahnya. 

Februari lalu, Rendra Kresna dilantik yang kedua kalinya sebagai bupati Malang bersama Sanusi, wakilnya. Pasangan tersebut diusung koalisi Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com