Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Kabupaten Alor pada Dini Hari, Warga Lari Berhamburan

Kompas.com - 10/08/2016, 06:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KALABAHI, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 4,2 mengguncang Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/8/2016) dini hari tadi. Warga setempat dan penghuni sejumlah tempat penginapan lari berhamburan keluar rumah.

Salah seorang wartawan salah satu media nasional yang tengah menginap di Hotel Kenari, Palce Amalo, mengaku berlari keluar karena getaran gempa yang dirasakan sangat kuat.

"Kami bersama sejumlah wartawan lainnya meliput kegiatan Expo Alor dan menginap di Hotel Kenari. Pada saat mau tidur, tiba-tiba guncangan gempa bumi sangat kuat sehingga saya bersama teman-teman lainnya kemudian bangun dan lari keluar kamar menuju jalan raya," kata Amalo.

Secara terpisah, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Sumawan mengatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 00.01 Wita.

Pusat gempa berlokasi di 7,92 derajat Lintang Selatan dan 124,98 derajat Bujur Timur. Gempa berkekuatan 4,2 SR terjadi di kedalaman 10 kilometer.

"Getaran gempa dirasakan II sampai III Modified Mercalli Intensity (MMI)," kata Sumawan kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Pusat gempa terletak sekitar 62 kilometer timur laut Kabupaten Alor. Hingga saat ini, belum ada laporan terkait kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com