Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Polisi Lebih Baik Cegah Konflik daripada Jadi Pemadam Kebakaran"

Kompas.com - 09/08/2016, 14:40 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Bambang Waskito memilih mencegah konflik daripada menjadi pemadam kebakaran. Artinya, lebih baik mencegah dan menggagalkan terjadi suatu konflik daripada sebagai pengamanan sesudah terjadi konflik.

"Di Jabar, semua daerah memiliki rawan konflik. Kami, petugas, lebih baik mencegah konflik daripada jadi pemadam kebakaran," ujar Bambang di Bale Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (9/8/2016), di depan seluruh kapolres di Priangan Timur.

Para kapolres diminta untuk lebih waspada dan bisa mencegah tanda-tanda yang bisa menimbulkan konflik.

Selain upaya pencegahan konflik, Bambang meminta seluruh petugas untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan sampai ada petugas yang malah meresahkan masyarakat.

"Saya yakin petugas di jajarannya semuanya baik. Tak ada informasi petugas nakal selama ini," ungkap dia.

Dirinya pun akan memberikan penghargaan bagi anggotanya yang menjalankan tugas dengan baik. Dan akan menghukum tegas petugas yang tak baik di wilayah Jawa Barat.

"Kami akan terapkan penghargaan dan sanksi bagi anggota," pungkas dia.

Pelaksanaan acara di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya ini pun sebagai upaya pencegahan dan silaturahmi. Tapi dirinya meyakini di daerahnya tak akan ada kejadian bentrok antara Satpol PP dan Polisi di Makasar, Sulawesi Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com