Pertengahan Agustus, Pra-kejuaraan Dunia Paralayang Digelar di Sigi - Kompas.com

Pertengahan Agustus, Pra-kejuaraan Dunia Paralayang Digelar di Sigi

Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
Kompas.com - 08/08/2016, 15:13 WIB
KOMPAS/DEFRI WERDIONO Wisatawan melayang-layang menggunakan paralayang untuk menikmati pemandangan Kota Batu, Jawa Timur, dan pegunungan di sekitarnya, beberapa waktu lalu. Untuk bisa mengudara, pengguna paralayang memulai dari titik tolak di Gunung Banyak di perbatasan Kabupaten Malang dan Batu.

PALU, KOMPAS.com – Ratusan atlet mancanegara bakal datang ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, untuk mengikuti Pra-Kejuaraan Dunia Paralayang pertengahan Agustus 2016.

Kejuaraan kelas dunia ini bakal digelar tanggal 13-20 Agustus mendatang. Beberapa negara yang dipastikan mengikuti kejuaraan dunia ini antara lain adalah Jepang, China, Taiwan, Korea Selatan, Inggris, Prancis, Malaysia dan Jerman.

Ketua Panitia, Asgaf Umar mengatakan Kejuaraan dunia paragliding ini merupakan kejuraan seri ke-3 setelah sebelumnya digelar Nepal dan Armenia.

“Jumlah peserta yang sudah tercatat mencapai 63 orang atlet dari luar negeri dan 48 atlit dari Indonesia. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan jadwal dan aturan paragliding World Cup Tour. Jika ini sukses tahun depan kita akan mendapatkan jatah World Cup Tour.” kata Asgaf Umar, Senin (8/8/2016).

Menurut dia, 100 atlet rangking dunia akan turun dalam acara dunia ini. Titik lepas landas kegiatan ini akan dilakukan di atas ketinggian 777 mdpl, di wilayah Wayu, Mantantimali, Kabupaten Sigi.

Wayu menjadi pilihan lantaran memiliki keistimewaan tersendiri. Arah anginnya paling stabil, selama terbang di wilayah ini sehingga waktu take-off dapat direncanakan dengan baik. Jadi tidak harus menunggu musim-musim tertentu.

PenulisKontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM