Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Verifikasi Faktual, Bakal Calon Independen Kota Batu Siapkan KTP Tambahan

Kompas.com - 08/08/2016, 11:08 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Bakal calon pasangan independen Pilkada Kota Batu, Jawa Timur, Abdul Majid dan Kasmuri Idris, mulai mempersiapkan proses verifikasi faktual setelah dinyatakan lolos verifikasi awal oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu.

Sejumlah relawan pendukung yang mengumpulkan KTP mulai disiapkan, termasuk sosialisasi akan ada verifikasi faktual kepada setiap koordinator pengumpul KTP di setiap RT.

"Ini para koordinator yang mengumpulkan KTP sudah dikirimi datanya. Juga sudah dikasih tahu bahwa setelah tanggal 24 nanti ada verifikasi faktual," kata Abdul Majid saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/8/2016).

Majid menyebutkan, total jumlah relawan yang ikut mengumpulkan KTP di lapangan sebanyak 1.300 orang. Setiap relawan itu sudah siap dengan adanya verifikasi faktual oleh KPU.

"Konsepnya ini gerakan rakyat Batu. Jadi yang bergerak ini semuanya rakyat," ujarnya.

Ia yakin dapat melewati tahapan akhir itu untuk menjadi calon kepala daerah. Ia mengklaim bahwa para relawannya ada di lapangan sudah kenal baik dengan para pendukung yang menyerahkan KTP.

"Rakyat yang menyerahkan KTP-nya di wilayah situ, relawannya di wilayah situ. Jadi kenallah, tidak ada yang tidak kenal. Ini yang ngumpulin KTP orang-orang di tiap RT," kata Majid.

Meski demikian, ada sejumlah relawan yang mengambil langkah antisipatif dengan mengumpulkan dukungan lagi berupa KTP.

Hal itu untuk menjaga kemungkinan adanya data dukungan yang tidak lolos saat dilakukan verifikasi faktual.

"Relawan juga mengumpulkan KTP lagi. Laporan ke saya saat ini sudah sebanyak 4.000 KTP yang terkumpul. Itu untuk jaga-jaga saja kalau ada yang tidak lolos," jelasnya.

Pada Sabtu (6/8/2016) pekan lalu, Majid-Kasmuri menyerahkan berkas syarat dukungan dan sebaran kepada KPU Kota Batu.

Dari verifikasi awal yang dilakukan KPU, pasangan tersebut lolos verifikasi jumlah syarat dukungan dan sebaran dengan 22.500 KTP dukungan.

Sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Batu, syarat dukungan minimal sebanyak 14.709 KTP.

Sesuai jadwal tahapan, KPU akan melakukan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda pada berkas itu pada 7-20 Agustus 2016.

Pada 24 Agustus sampai 6 September, KPU akan melakukan penelitian faktual di tingkat desa/kelurahan.

Ini sudah kedua kalinya Abdul Majid maju sebagai bakal pasangan calon independen Pilkada Kota Batu.

Pada Pilkada 2012, Majid yang berlatar belakang PNS juga maju sebagai calon independen. Ketika itu, perolehan suara Majid nomor dua setelah pasangan terpilih Edy Rumpoko dan Punjul Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com